oleh

Selain Vaksinasi, Pemkot Gorontalo Siapkan Langkah Penanganan Covid-19 di Hulu dan Hilir

-BERITA-62 views

Laporan : Ifan S. Saluki
Editor : YR

GORONTALO [kabarpublik.id] РSelain Vaksinasi kepada masyarakat, Pemerintah Kota Gorontalo juga menyiapkan langkah-langkah strategis dalam penanganan covid-19. Langkah tersebut  dilaksanakan mulai dari hulu hingga hilir sebagai upaya memutus tuntas pandemi covid-19 di Kota Gorontalo.

“Penanganan covid-19 dari hulu hingga hilir akan terus kita giatkan di Kota Gorontalo,” ungkap Walikota Gorontalo Marten Taha usai melaksanakan peninjauan ke Pasar Rakyat Pilolodaa, Kota Gorontalo, Selasa (03/08/2021).

Walikota dua periode itu menjelaskan bahwa, untuk hulu terdapat 3 tempat yang sangat potensial menimbulkan adanya pelanggaran protokol kesehatan (protkes) yang sangat besar, yakni Pasar, Mall serta hajatan pesta.

“Khusus untuk pasar, kita akan memasifkan penanganan yang lebih serius lagi, dengan membangun posko-posko covid-19 disetiap Pasar. Karena Pasar ini tempat orang berkumpul, berdesakan dan lain sebagainya. Bahkan banyak juga yang tidak memakai masker. Makanya kita lakukan razia masker dan sekaligus yang tidak mematuhi Protkes kita langsung swab, jika positif maka kita langsung bawa untuk isolasi terpusat di wisma haji,” jelas Marten.

“Untuk hajatan pesta pernikahan ini sudah dibatasi maksimum 25%. Dan untuk Mall, kita sudah tegas untuk membatasi lebih cepat sampai pukul 17.00 harus sudah tutup. Dan ini akan kita lakukan setiap hari, sehingga In Shaa Allah dengan masif kita melakukannya bisa mengurangi penularan covid-19 kepada masyarakat,” sambungnya.

Khusus untuk hilirnya kata Marten, pihaknya telah memfokuskan untuk menambah kebutuhan fasilitas kesehatan (Faskes) dalam penanganan covid-19 di Kota Gorontalo.

Untuk penambahan Faskes. Pemerintah Kota Gorontalo telah menyediakan 1 gedung baru yang dilengkapi dengan perlengkapan alat kesehatan memadai dan memiliki kapasitas 90 bed/ kamar.

“Hilirnya ini bermasalah kalau kita tidak persiapkan. Kemarin di RS dengan jumlah tempat tidur yang tersedia sebelumnya, hampir mencapai 100%. Sudah 87%, artinya saat ini ruangan yang tersedia itu tersisa tinggal 13 bed. Olehnya itu sebagai antisipasinya, saya instruksikan untuk menambah 1 gedung lagi yang ada di RS Aloe Saboe untuk dimanfaatkan, sehingga ruangan sekarang sudah tersedia lagi,” kata Walikota Gorontalo.

Sementara untuk Tenaga Kesehatan (Nakes),  dirinya katakan telah mengalihkan atau memberikan tugas sebagian Nakes untuk membantu dalam penanganan covid-19 di setiap Rumah Sakit.

“Kemudian untuk pemakaman juga kita sudah persiapkan dilahan TPU Sipatana yang bisa menampung kurang lebih 200-300 orang. Dan saya tegaskan pemakaman tetap ada pengetahuan dari pihak keluarga, dan pihak keluarga hanya bisa menerima untuk mensholatkan jenazah dihalaman rumah saja. Namun, segala teknis pemakaman pasien yang Positif tetap ditangani oleh Petugas mulai dari proses memandikan hingga sholat Jenazah,” tandas Marten Taha. #[KP]

Apa Reaksi Anda?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Komentar

News Feed