oleh

Tidak Butuh Waktu Lama, Mantan Kepsek SMKN 2, Rubah Wajah SMKN 4 Kota Ternate

Laporan : Yadi / Editor : YR

TERNATE [Kabarpublik.id] – Kiranya kita patut memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Drs. Kamaluddin Ahmad, Kepala Sekolah SMKN 4 Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara.

Pasalnya tidak butuh waktu yang lama, mantan Kepala Sekolah SMKN 2 Kota Ternate ini telah merubah wajah dunia pendidikan di SMKN 4 Kota Ternate, dari keterpurukan menuju ke jenjang yang lebih baik semenjak dirinya di pindah tugaskan dari SMKN 2 ke SMKN 4.

“Semenjak saya di pindah tugaskan ke SMKN 4 ini, jujur saya telah memiliki niat untuk memajukan pendidikan di sekolah ini ketingkat yang lebih baik,” ucap Drs. Kamaluddin Ahmad di ruang kerjanya, Jumat (30/7/2021).

Terkait dengan terobosan, Kamaluddin mengatakan, sudah dilakukan, mulai dari membangun komunikasi dengan masyarakat setempat, sampai dengan membuka jurusan baru, yaitu jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL).

“Jurusan teknik instalasi tenaga listrik
yang baru ini sesuai kebutuhan. Kami buka jurusan TITL ini, karena berkaitan dengan listrik. Sementara di jurusan teknik kapal penangkapan Ikan ada mata pelajaran yang itu harus ada guru listrik,” kata Kamaluddin.

Lebih lanjut Kamaluddin, di teknik pendingin mereka harus menguasai Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Itulah pelajaran di Teknika. Kalau pelajaran di teknika, yaitu teknik mesinnya untuk di sekolah.

Selain itu, SMK berbasis industri. Di Kelurahan Kastela ini kan ada PLTG, bila kita tidak persiapkan peserta didik dengan baik, maka suatu ketika akan terjadi problem “Artinya orang dari luar bekerja, sementara generasi kita apa yang kita siapkan, kan SDM kita,” ujar Kepsek.

Dirinya mengisahkan, beberapa hari lalu, ia pergi ke Obi, Halmahera Selatan, di perusahaan Harita, dan di perusahaan IWIP, dimana di dua perusahaan tersebut prospek untuk jurusan listrik itu masih memungkinkan. Kedepan Maluku Utara kalau menjadi daerah industri, listrik di dua tempat itu memungkinkan.

Tahun ini alhamdulilah dari tiga jurusan lama, yaitu Nautika Kapal Penangkap Ikan, Teknika Kapal Penangkap Ikan, dan Agribisnis Perikanan di tambah dengan jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik, alhamdulilah jurusan baru siswanya lebih banyak dari jurusan yang lama.

“Total siswa alhamdulilah tahun ini, kami memiliki 50 siswa dengan rincian siswa jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik sebanyak 20 orang, jurusan Teknika Kapal Penangkap Ikan 12 orang, jurusan Nautika Kapal Penangkap Ikan 12 orang, dan jurusan Agribisnis Perikanan 6 orang. Maka totalnya 50 orang siswa,” paparnya.

Ia juga mengatakan, insya Allah dalam bulan ini barangkali izin operasional untuk jurusan baru itu bisa keluar,karena dokumen izin sudah di siapkan. Minggu depan ini, ia katakan, pihaknya akan ke Dinas Penanaman Modal Provinsi, untuk mengusulkan jurusan baru tersebut.

“Insya Allah kedepan nanti kami akan berkolaborasi kerjasama dengan pihak eksternal dalam rangka menyiapkan kami punya saran prasarana penunjang. Insya Allah kalau di ridhoi Allah, teman-teman sudah bisa bangun kerjasama. kami disana (perusahaan) jadi tempat uji kompetensi presentatif sesuai dngan kami punya kompetensi,” jelas Kepsek.

“Dan saya akan coba di kami punya mitra untuk bagaimana bisa siapkan SDM, siapkan dia punya administrasinya dalam rangka NSP ples satu. Saya juga sudah koordinasi dengan Camat, Kepala Cabang Dinas Pendidikan, dan Kepala dinas pendidikan melalui Kepala Seksi Kurikulum dan Peserta Didik,” tutur Kepsek.

Lanjut, kalau boleh ada instrument atau instruksi dari atas untuk membuka rute di Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ternate untuk memperlancar, dan mempermudah siswa – siswi SMKN 4.

“Kenapa itu harus dilakukan, karena jalur transportasi masih kurang begitu baik.
Insya Allah kalau kedepan transportasi sudah lancar siswa bisa meningkat, karena alasan utama mendaftar disini harus ada transportasi angkutan umum,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan, kedepan dirinya bersama guru – guru akan memajukan SMKN 4 dengan berbagai pendekatan.#[KP]

Apa Reaksi Anda?
+1
0
+1
0
+1
1
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Komentar

News Feed