oleh

Sekda Serman Sebut Rp 25 Miliyar Aset Daerah Menjadi Temuan BPK RI Gorontalo

-BERITA-42 views

Laporan : Nurman Ismail
Editor : YR

GORONTALO [kabarpublik.id] – Menindaklanjuti temuan BPK – RI Perwakilan Provinsi Gorontalo, terhadap aset milik Daerah yang bernilai Rp 25 miliar di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo melakukan Rekonsiliasi bertempat di Pendopo, Selasa (27/07/2021).

Rekonsiliasi tersebut dibuka langsung oleh Sekertaris Daerah Boalemo Serman Moridu. Pada kesempatan itu Serman Moridu menyampaikan bahwa rekonsiliasi barang milik Daerah semester 1 pelaksanaannya dipenuhi atas dasar Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 19 tahun 2016 serta berdasarkan penertiban aset yang diamanatkan oleh KPK RI pada Pelaksanaan Monitoring Center for Prevention (MCP) tahun Anggaran 2021.

“Alhamdulillah hasil berita rilis dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI dua minggu yang lalu, saat ini Kabupaten Boalemo mencapai rengking satu (1) untuk sementara pencapaian MCP,” Tutur Sekda Serman.

Sementara itu Sekda Serman Mengatakan bahwa hal yang menjadi penyebab keterlambatan penyususnan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) adalah kegiatan mutasi serta kurangnya pengelolaan barang milik daerah di setiap SOPD belum akurat.

“Hal ini yang menjadi temuan atas pemeriksaan LHP oleh BPK RI. Pengelolaan barang disetiap daerah kurang akurat dimana masih ada tercatat aset-aset yang sudah tidak mempunyai nilai masa manfaatnya pada KIB, yang seharusnya itu sudah bisa kita lakukan usulan penghapusan ataupun pemusnahan terhadap aset-aset tersebut,” Pungkas Sekda Serman Moridu.

Kegiatan tersebut diketahui turut dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Boalemo, Lahmudin Hambali, Ketua Badan anggaran Hardi Mopangga, dan Kepala BKAD Musafir Bempah serta Bendahara Barang dari masing-masing OPD. #[KP]

Apa Reaksi Anda?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Komentar

News Feed