oleh

Mahasiswi IAIN Batusangkar Lolos Ajang Internasional Summer Course TBSD 2021

Laporan : Jhen / Editor : YR

BATUSANGKAR [kabarpublik.id] – Nadia Agustina mahasiswi Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, salah satu dari sekian banyaknya mahasiswa/wi yang lolos ajang Internasional Summer Course on Tropical Biodiversity and Sustainable Development (ISC-TBSD 2021).

Kegiatan Internasional ini diselenggarakan oleh Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI) Universitas Gajah Mada berkolaborasi dengan Universiti Tunku Abdul Razak (UTAR) Malaysia, University Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) Malaysia, dan Charles Darwin University Australia.

Dari info resmi Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI) nomor. 06/KOBI/2021, tertanggal 19 Juli 2021 Yogyakarta, Ketua KOBI Prof. Dr. Budi Setiadi Daryono, M.Agr.,Sc. Berdasarkan hasil seleksi peserta the Internasional Summer Course on Tropical Biodiversity and Sustainable Development (ISC-TBSD 2021), kami sampaikan nama mahasiswa yang mendapatkan pembiayaan penuh (Full Funded) dari 21 peserta yang masuk katagori ini adalah Nadia Agustina yang satu-satu mahasiswa dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di pulau Sumatera.

Kategorisasi pemenang terdiri dari 2 macam. Full-funded yang dibiayai sepenuhnya oleh Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI) dan Half funded (Bantuan 50 persen).

KOBI merupakan organisasi yang berperan aktif dalam pengembangan pendidikan tinggi biologi dalam penguasaan keanekaragaman hayati dan pemanfaatan sumber daya alam hayati (bioresources) secara optimal dan berkelanjutan bagi kesejahteraan umat manusia.

Nadia Agustina yang duduk pada semester VIII menerangkan semua peserta yang ikut dalam ajang ini harus mepunyai penelitian, karya dibidang Biologi dengan hasil penelitian dengan judul “Technology and biodiversity conservation” ini menerangkan bagaimana teknologi berperan pada keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia dengan mengambil sampel di daerah Kabupaten Sijunjung Sumatera Barat.

Lebih lanjut nadia menerangkan dari hasil opsevasi penelitianya kelapangan, nadia hanya mengunakan alat seadanya dan hayati yang berada disekitar tempat tinggalnya, ini mengigat Pendemi masih melanda, dan perkulihan masih melakukan sistem Daring, dari panduan tangan dingin salah seorang dosen membimbingnya untuk karya ini, yaaa alhamdulillah saya lulus dan di biaya penuh dalam menuntaskan karya saya ini dari KOBI.

Dalam keterangannya kepada media, Wakil Rektor Bidang kemahasiswaan dan Kerjama Dr. Sirajul Munir, M.Pd megatakan ini tentu saja suatu kebanggaan dan suatu prestasi positif bagi IAIN Batusangkar yang harus ditingkatkan dikalangan mahasiswa-mahasiswi yang memiliki kemampuan dibidangnya masing-masing. Semoga apa yang di raih oleh Nadia Agustina dapat menginspirasi mahasiswa lainya, sehingga bisa dimanfaatkan menjadi nilai yang berarti dan sesuatu yang memiliki nilai tambah bagi IAIN Batusangkar.

Sementara itu, Rektor IAIN Batusangkar Dr. Marjoni Imamora, M.Sc mengatakan atas nama pribadi maupun lembaga mengapresiasi Nadia Agustina dari hasil karyanya yang telah di lirik duni internasional, pada ajang ISC-TBSD 2021 diselenggarakan oleh KOBI Universitas Gajah Mada berkolaborasi dengan Universiti Tunku Abdul Razak (UTAR) Malaysia, University Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) Malaysia, dan Charles Darwin University Australia.

Mudah-mudahan berlanjut apa yang nadia inginkan dan impiannya bahwa karyanya bisa bermanfaat bagi orang banyak terutama mahasiswa Jurusan Biologi dan tentunya bagi IAIN Batusangkar kedepan.#KP

Apa Reaksi Anda?
+1
0
+1
1
+1
1
+1
1
+1
0
+1
0
+1
0

Komentar

News Feed