oleh

SEREH WANGI, TANAMAN HERBAL KONDANG DI PASAR DUNIA YANG AKAN DI TANAM DI GORONTALO

GORONTALO, [KP] – Tanaman sereh wangi atau akrab disapa dengan bahasa Gorontalonya Timbuwale Moonu adalah sejenis tanaman herbal yang dipakai sebagai bahan dasar  pembuatan minyak wangi kelas dunia seperti di benua Eropa dan Negara Negara di Timur Tengah.

Mengingat masih banyaknya lahan pertanian di provinsi Gorontalo yang belum tergarap, hal ini memancing perhatian PT. CIPTA KASTINDO PERSADA yang bekerja sama  dengan LASKAR MERAH PUTIH Markas Daerah Provinsi Gorontalo untuk melaksanakan penanaman Tanaman herbal jenis sereh wangi ini.

Hal ini sesuai dengan tujuan untuk memberdayakan masyarakat Gorontalo khususnya para petani dengan meningkatkan perekonomian rakyat dengan keikutsertaan melakukan penanaman tanaman herbal jenis sereh wangi ini dan turut memperkenalkan provinsi Gorontalo di dunia Internasional dengan melakukan ekspor minyak sereh wangi ini.

Menurut Risno Yusuf, pemilik perusahaan PT. CIPTA KASTINDO PERSADA yang sudah 26 tahun menjalani bisnis sereh wangi ini di lokasi Jonggol, Bogor, Jawa Barat pada saat melakukan pertemuan dengan dewan Penasehat LASKAR MERAH PUTIH MARKAS DAERAH PROVINSI GORONTALO, Bapak Dr.Drs. H. Idris Rahim, MM. mengatakan “minyak sereh wangi ini sangat laris di pasaran Internasional, dengan harga Rp. 165.000,- sampai dengan Rp. 450.000,- per liter”, ujar Risno.

Nantinya sereh wangi ini akan ditanam di 8.000 hektar lahan di provinsi Gorontalo dengan sistem plasma. Perusahaan akan menyiapkan bibit dan pupuk serta biaya pengolahan tanah, hasil panennya juga nanti akan dibeli oleh perusahaan dengan harga Rp. 25.000.000,- per hektar tanpa potongan biaya bibit, pupuk dan pengolahan tanah. Tanaman sereh wangi ini penanamannya cukup sekali dalam lima tahun, yang dipanen adalah daunnya setiap tiga bulan sekali. Jadi dalam setahun bisa empat kali panen dengan harga 25 juta per hektar per panen.

Dalam waktu dekat perusahaan akan membuka lowongan pekerjaan dengan menerima 1.000 (seribu) orang karyawan untuk ditempatkan di seluruh desa se provinsi Gorontalo dengan pembayaran gaji sebesar Rp. 3.000.000,- per bulan dengan tugas mengkoordinir lahan dan petani yang melakukan penanaman tanaman sereh wangi. Perusahaan juga sudah menggandeng institusi POLRI dan TNI serta Instansi Pemerintah terkait dan memberikan insentif khusus setiap panen.

Kerjasama ini nantinya akan memberdayakan sekitar 200 kepala keluarga setiap desaa se provinsi Gorontalo. Risno Yusuf juga mengatakan “ kerja sama ini bisa menekan tingkat kemiskinan yang masih tinggi yaitu 15,59% di Provinsi Gorontalo, sesuai dengan catatan statistik tingkat kemiskinan provinsi Gorontalo yang saat ini berada di urutan ke 5 dari 34 provinsi di Indonesia.”ungkap Risno. #KP 

Laporan : Ati Modjo.

Editor : YR

Apa Reaksi Anda?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
1
+1
1
+1
0

Komentar

News Feed