oleh

Tim Kemenag RI Tinjau Kesiapan Pelaksanaan STQ XXVI di Maluku Utara

SOFIFI Maluku Utara [KABARPUBLIK.ID] – Kementerian Agama Republik Indonesia kembali meninjau Tempat pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Tingkat Nasional yang ke XXVI di Provinsi Maluku Utara dan dilanjutkan dengan rapat bersama Panitia Daerah di lantai 4 kantor Gubernur Maluku Utara. Rabu (21/04/20221).

Tim Kementerian tersebut meninjau beberapa tempat yang disiapkan oleh Panitia lokal yakni lokasi panggung Utama (Astaka) yang akan digunakan saat Pembukaan dan juga saat penutupan pelaksanaan STQ nanti, Tim juga meninjau kesiapan – kesiapan lainnya berupa tempat menginap para kafilah dan juga tempat ngina yang akan dipakai oleh para hakim nanti.

Dalam pertemuan tersebut, Sekprov Maluku Utara, Samsudin A Kadir meminta kepada instansi terkait agar lebih cepat lagi bergerak sehingga waktu yang ditargetkan untuk penyelesaian lokasi tercapai.

Sekprov Malut juga mengapresiasi kepada seluruh OPD yang bisa bekerjasama dengan baik dan bisa mewujudkan apa yang dicita – citakan bersama yaitu bisa mensukseskan pelaksanaan STQ di Sofifi dan dengan adanya STQ ini juga bisa merangsang instansi vertikal yang masih ada di Ternate bisa segera cepat mengalihkan urusan perkantorannya di Sofifi,”Ungkapnya

Tim Kementerian Agama Republik Indonesia yang dipimpin Kepala Seksi Pengembangan Musabaqah, Alquran dan Alhadits Sub direktorat Lembaga Tilawah dan Musabaqah Alquran dan Alhadits, Helmi Saltian dan didampingi Kepala Seksi Lembaga Pemberdayaan  Tilawah Quran (LPTQ), Ali Sibromalisi, Ngabdul Rakhim dan aminatun zuhriyah. 

Menurut Helmi, waktu terus berjalan sehingga panitia daerah harus lebih proaktif lagi mempersiapkan semua fasilitas peserta. usai melakukan peninjauan di sejumlah titik.

“Pelaksanaan STQ ini terhitung pada bulan Juli 2021 dan hal persiapan lokasi dan sebagainya harus disiapkan sebelum bulan Juli dan waktu kita sudah mepet dan ini juga butuh kerjasama dan pro Aktif dari seluruh stakeholder,”Ujarnya.

Helmi juga mengucapkan terima kasih kepada Seluruh Panitia Pelaksanaan STQ tahun 2021 tentang perumahan atau tempat menginap yang disiapkan panitia semua digratiskan.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kesiapan tempat menginap para kafilah dan juga tempat para tamu dan undangan lainnya berupa tempat nginap kafilh yang digratiskan oleh pemerintah Provinsi Maluku Utara dan hal ini tak sama seperti daerah – daerah yang lain yang pernah menjadi tuan rumah STQ sebelumnya,”Tandasnya.

Ketua Panitia Salmin Janidi juga menyampaikan, untuk bangunan masjid raya saat ini telah mencapai 61 % sementara untuk panggung utama (Astaka) sudah 40 %. Sementara perumahan ASN 3 yang disiapkan juga telah selesai dibangun tinggal menunggu finishing setelah lebaran Idul fitri.

Salmin juga menyinggung juga soal tempat panggung utama (Astaka) yang telah dibangun 40% itu harus berada di depan masjid raya agar pelaksanaan STQ nanti masjid raya sebagai background kegiatan.

“Soal Astaka yang dibangun samping masjid itu nanti didesain kembali agar penempatannya bisa berada di depan masjid raya agar bisa dipakai pada saat pembukaan dan penutupan Pelaksanaan STQ,”Imbuhnya

Salmin janidi beroptimis pelaksanaan STN Nasional nanti akan berjalan sesuai dengan rencana yang diharapkan dan butuh keseriusan dari semua panitia daerah dan dikawal oleh Tim dari Pusat. 

“Saya optimis pelaksanaan STQ nasional akan berjalan sesuai rencana sehingga saya berharap semua panitia daerah melihat keseriusan tim pusat dalam mengawal persiapan lokasi STQ dengan duduk bersama dan melaksanakan tugas dan fungsi yang telah ditetapkan sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur Maluku Utara”tutup Salmin.

Laporan : Iswadi

Editor     : YR

Apa Reaksi Anda?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Komentar

News Feed