oleh

Tandatangani MOU Ketenagakerjaan, Bupati Saipul : Insyaa Allah Bermanfaat

Pohuwato – Bupati Pohuwato Saipul A. Mbuinga menghadiri Rapat kerja operasional serta penandatanganan MoU antara BPJS Ketenagakerjaan dengan pemerintah daerah kabupaten pohuwato tentang perlindungan masyarakat pekerja rentan, pemanjat kelapa dan penyelenggara jenazah yg berlangsung di meeting room kantor bupati, Selasa (20/4/2021).

Rapat tersebut juga dihadiri oleh Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Gorontalo, Hendra Elvian bersama Kepala BPJS Ketenagakerjaan Pohuwato, Ady Syamsul.

Dengan didampingi Wakil Bupati, Suharsi Igirisa, Penjabat Sekda, Iswanta, SE.,Ak. Bupati Saipul dalam sambutannya mengatakan bahwa di tahun kedua ini pemda kembali melakukan kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan dengan akan melakukan penandatanganan MoU. 

Saipul juga mengatakan bahwa kerja sama perlu diapresiasi, melihat manfaatnya baik untuk masyarakat maupun anggota korpri  sangat baim.

“Insha Allah kerja sama ini dapat bermanfaat dan kedepan kita akan menyeriusinya, Karena hal ini begitu membantu dan dipandang menguntungkan masyarakat juga. Pada dasarnya apa yang telah kami lihat dari program tahun kemarin sampai hari ini berupa penyerahan santunan serta besarannya sungguh sangat lumayan, baik itu dari anggota Korpri maupun masyarakat pekerja rentan” jelasnya.

Sementara itu ditempat yg sama Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Gorontalo Hendra Elvian menjelaskan bahwa kerjasama dengan pemda terkait penandatanganan MoU ini merupakan program perlindungan bagi pekerja rentan di pohuwato. 

Penandatanganan MOU
Penandatanganan MOU

Hal ini sebagai tindak lanjut dan upaya tahun sebelumnya dimana sebanyak 8 ribuan pekerja rentan dalam hal ini pemanjat kelapa dan nelayan yang dilindungi dalam keselamatan ketenagakerjaan. 

Selain itu juga program tersebut merupakan instruksi presiden nomor 2 tahun 2021 tentang optimalisasi perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan di wilayah seluruh Indonesia khususnya di wilayah pohuwato. 

Hendra juga mengucapkan terima kasih kepada pemda pohuwato yg telah melakukan kerja sama dengan baik serta selalu mendukung program tersebut.

“Ucapan terima kasih kepada pemda pohuwato yang telah melakukan kerjasama dengan  baik selama ini dan kami sangat berterima kasih pula atas dukungan dan support pemda khususnya kepada bupati dan wakil bupati serta jajarannya yang sudah memberikan suport positif buat kami dalam hal mengimplementasikan uu nomor 24 tahun 2011 tentang jaminan sosial ketenagakerjaan”, ungkap Hendra. 

Selain itu, Kadis Sosial, Ahmad Djuuna menambahkan, bahwa kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan diawali dengan pekerja rentan yaitu pemanjat kelapa dan penyelenggara jenazah yang berjumlah seribuan lebih untuk kabupaten pohuwato dengan iuran Rp. 60 juta per tahunnya.

Kemudian di tahun 2020 diperluas untuk tambahan bagi masyarakat miskin, artinya masyarakat yang berada di garis kemiskinan dan ada di dalam DTKS dan didaftarkan sekitar 8.900-an dan iuran sekitar Rp, 600 juta pertahun. 

“Pada saat ini diserahkan santunan jaminan kematian bagi pekerja rentan atau yang baru didaftarkan pada pendaftaran kedua”, Tambah Ahmad.

Laporan : Ceper

Editor     : YR

Apa Reaksi Anda?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Komentar

News Feed