oleh

DKPP PUTUSKAN KPU KABGOR LANGGAR KODE ETIK, RONAL TALIKI : TIDAK MEMPENGARUHI KEMENANGAN NDH

Laporan : Tim KP Jakarta, Editor : Mahmud Marhaba

JAKARTA [KP] – Dewan Kehormatan Penyelengra  Pemilu (DKPP)  suatu lembaga yang dikhususkan mengimbangi kinerja KPU dan Bawaslu serta jajarannya. DKPP bertugas memeriksa dan memutuskan pengaduan dan/atau laporan adanya dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh penyelenggara Pemilu. DKPP juga dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 pasal 109 tentang Penyelenggara Pemilu.

Di Gorontalo, keputusan DKPP terhadap KPU kabupaten Gorontalo heboh. Beberapa media local memuat pernyataan politisi yang mengkaitkan persoalan pelanggaran kode etik dengan hasil pemilihan yang telah dilakukan secara demokratis.

Menyikapi hal tersebut, Advokat Muda Provinsi Gorontalo, Ronal Taliki mengatakan, melalui kinerja DKPP sebagai fungsional dalam mengimbangi kinerja KPU dan Bawaslu. Baginya, tidaklah elok bila sejumlah politisi mengkaitkan hasil Pemilu dengan putusan DKPP, dimana telah terjadi pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh pihak penyelenggara Pemilu.

“Ini tidak bisa dikaitkan dengan hasil Pilkada yang dilakukan secara demokratis,” tegas Ronal Taliki melalui releasenya yang dikirim ke redaksi kabarpublik.id.

“Saya melihat berlangsungnya pemilihan yang telah dilaksanakan kemarin sudah memenuhi prosedur yang jelas, kemenangan tersebut telah sesuai dengan apa yang termaktub dalam mekanisme pemilihan, dimana suara rakyat menjadi suatu kontribusi yang jelas dalam perhelatan pesta demokrasi dan itu telah dilaksanakan,” ungkapnya, Rabu (13/01/2021).

Lebih lanjut advokat muda itu mengatakan, Putusan DKPP hanya memutuskan persoalan kode etik dan tidak memerintahkan agar rekomendasi Bawaslu yang kemarin untuk ditindak lanjuti oleh KPU.

“Saya kira jelas putusan DKPP hanya pada persoalan pelanggaran Kode etik yang telah dilakukan oleh pihak penyelenggara, dalam hal ini KPU,” kata Ronal.

Melalui telepon seluler, Ronal juga mengungkapkan persoalan ini tidak mempengaruhi hasil Pemilihan Kepala daerah yang telah dilangsungkan kemarin, dimana pasangan Nelson Hendra yang telah menjadi pemenang dalam Pemilihan tersebut telah sesuai dengan prosedur yang ada, melalui Real count, atau hasil akhir pada pemungutan suara.#[KP/Ril]

Apa Reaksi Anda?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Komentar

News Feed