oleh

KOTAK HITAM PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ-182 DITEMUKAN

Laporan : Tim KP, Editor : Mahmud Marhaba

JAKARTA [KP] – Pencarian kepingan badan pesawat serta korban kecelakaan pesawat Boeing 737-500 milik Sriwijaya Air yang jatuh akhir pekan kemarin di Laut Jawa mengalami titik terang.

Hal ini disampikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Dirinya mengatakan jika penyelam Angkatan Laut Selasa, 12 Januari 2021 telah menemukan dan mengangkat alat perekam data penerbangan pesawat yang naas itu.

Panglima TNI mengatakan pasukan penyelam menemukan flight data recorder (FDR) setelah sebelumnya mereka mengangkat alat yang disebut underwater locator beacon, yang fungsinya memancarkan sinyal untuk mempermudah pencarian.

FDR bersama dengan cockpit voice recorder (CVR) – keduanya kerap disebut sebagai kotak hitam, atau black box – merupakan instrumen yang tersimpan di bagian ekor pesawat dan bersifat sangat kuat

“Pukul 16.40 WIB Kepala Staf Angkatan Laut melaporkan bahwa flight data recorder sudah ditemukan,” ujar dia dalam konferensi pers di terminal JICT 2 Tanjung Priok, Jakarta sebagaimana dilansir media siber benarnews.org.

Data dari FDR dan CVR, yang masih belum ditemukan, dapat mengungkap penyebab kecelakaan yang terjadi hari Sabtu. 

“Kami meyakini semua bahwa karena beacon yang ada di cockpit voice recorder juga ditemukan di sekitar itu, maka dengan keyakinan yang tinggi CVR juga akan segera ditemukan,” ujarnya.

FDR ditemukan di perairan Kepulauan Seribu antara Pulau Lancang dan Pulau Laki dengan kedalaman 23 meter.

FDR berisi data perjalanan pesawat mulai dari ketinggian, pergerakan flap sayap, kendali pilot otomatis dan pengukur bahan bakar.  

Black box akan memancarkan sinyal melalui underwater locator beacon selama 30 hingga 60 hari ketika terjadi hantaman atau tenggelam di air.

Hadi mengatakan pihaknya akan terus melakukan operasi pencarian evakuasi korban dan tubuh pesawat yang akan diangkat demi memenuhi kelengkapan data yang diperlukan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 dengan nomor registrasi PK-CLC membawa total 50 penumpang dan 12 awak pesawat saat jatuh di sekitar perairan Kepulauan Seribu, Jakarta. Diyakini semua yang berada di pesawat naas itu meninggal dunia.#[KP]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Komentar

News Feed