oleh

LULUSAN SARJANA? AYO UJI NYALI JADI PERWIRA POLRI

Laporan : Hidayat Mokambu, Editor : Mahmud Marhaba

GORONTALO [KP] – Kabar gembira bagi lulusan sarjana di daerah Gorontalo. Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) untuk tahun 2021 kembali membuka pendaftaran untuk menjadi anggota Polri berpangkat perwira melalui jalur SIPSS (Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana).

Hal ini disampaikan Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol Wahyu Tri cahyono, SIK diruang kerjanya, Senin (11/01/2021).

“Mulai tanggal 7 sampai dengan 24 Januari 2021, pendaftaran SIPSS sudah dibuka, bagi pemuda-pemudi Propinsi Gorontalo lulusan Sarjana yang ingin mengabdikan diri kepada nusa dan bangsa melalui jalur kepolisian, silahkan daftarkan diri melalui website Polri https://penerimaan.polri.go.id/,” kata Wahyu.

Kabid Humas Polda Gorontalo berharap agar tahun 2021 ada perwakilan dari Gorontalo yang lulus melalui jalur SIPSS, karena maklum, sudah 2 tahun berturut-turut belum ada keterwakilan pemuda-pemudi Propinsi Gorontalo yang lolos seleksi rekruitmen SIPSS.

“Sungguh prihatin memang, sudah 2 tahun ini belum ada pemuda pemudi dari Propinsi Gorontalo yang lolos dalam seleksi rekruitmen SIPSS , mudah-mudahan tahun ini bisa membawa keberkahan, asalkan para peserta seleksi jauh-jauh hari sudah mempersiapkan diri mulai dari fisik, psikologi termasuk ilmu pengetahuan sesuai bidang kesarjanaan yang ditekuninya sehingga mampu bersaing dengan daerah lainnya,”ujarnya.

Wahyu juga menegaskan bahwa Penerimaan Polri ini gratis dan lulusan SIPSS ini nantinya akan menyandang pangkat perwira yaitu Inspertur Polisi Dua (Ipda).

“Ingat ya, menjadi Polisi itu gratis, tidak dipungut biaya sepeserpun, jangan mudah dibujuk rayu oleh pihak-pihak yang menawarkan diri membantu meloloskan, silakan laporkan jika ada yang bermain mata/curang pastinya akan kami proses, dan akan kami diskualifikasi, percaya saja pada kemampuan diri sendiri,” kata Wahyu.

Pendaftaran SIPSS ini dibuka bagi peserta yang berijazah S1 atau S1 Profesi di bidang Kedokteran Umum (Profesi), Kedokteran Gigi (Profesi), Psikologi, Biologi (Murni), Teknik Informatika (Programming), Teknik Informatika (Jaringan), Sistem Informasi (Database), Hubungan Internasional, Desain Komunikasi Visual/Desain Grafis, Teknik Penerbangan, Teknik Elektro (Arus Lemah), Teknik Metalurgi, Sastra China, Sastra Prancis/Spanyol, Pendidikan Olahraga, Pendidikan Kurikulum, Farmasi, Apoteker (Profesi), Ilmu Komunikasi (Public Relation), Ilmu Komunikasi (Jurnalistik).

Kemudian ada Perpajakan semua Prodi + Sertifikat CPL IR Fyling School, Ahli Nautika Tk. III (wajib memiliki ijazah Ahli Nautika Tk III dari Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub RI), Ahli Teknika Tk III (wajib memiliki ijazah Ahli Teknika Tk III dari Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub RI), Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Pelabuhan.

Sedangkan untuk Prodi Kedokteran, Dokter Umum, dan Dokter Gigi wajib mempunyai Surat Tanda Selesai Internsip (STSI) dan Surat Tanda Registrasi (STR) definitif.

Peserta yang mendaftar nantinya akan mengikuti beberapa tahapan seleksi yaitu pemeriksaan administrasi awal, uji kompetensi keahlian aspek pengetahuan, pemeriksaan kesehatan tahap I, tes psikologi, pemeriksaan kesehatan tahap II, penelusuran mental dan kepribadian, dan pemeriksaan administrasi akhir.#[KP/Ril]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Komentar

News Feed