BERITA

POLSEK PAGU BUBARKAN PEMENTASAN JARANAN DI MENANG KEDIRI, INI ALASANNYA

Laporan : Didik S (JMSI), Editor : Mahmud Marhaba

KEDIRI [KP] – Guna memutus penyebaran Virus Covid-19 atau Corona, Polsek Pagu bubarkan salah satu grup kesenian jaranan “Putro Joyoboyo” yang menggelar acara di halaman Sendang Tirto Kamandanu Di Desa Menang Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri, Minggu (06/09/2020).

Acara itu digelar dalam rangka gebyar Suro salah satu agenda ritual budaya tahunan, yang kini mulai dikemas sebagai salah satu icon wisata budaya khas Desa Menang Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri.

Kapolsek Pagu Polres Kediri, AKP Harianto bersama anggotanya langsung mendatangi acara yang sudah berlangsung dan dikerumuni ratusan orang.

AKP Harianto mengatakan, bahwa dengan banyaknya masyarakat yang mengerumuni atau datang di pementasan kesenian jaranan  dikhawatirkan akan menambah klaster baru virus Covid-19, maka kami bubarkan kegiatannya.

“Acara ini harus kami bubarkan, karena tidak ada ijinnya dan banyak warga yang melihat,  sehingga warga tidak mematuhi protokol kesehatan yang akhirnya di himbau untuk membubarkan diri,” terang AKP Harianto.

Pembubaran itu sempat mengundang ricuh sesaat dari warga yang terlanjur asyik menikmati pertunjukan pesta Jaranan.

“Mohon diperhatikan. Tujuan dibubarkan karena saya menyayangi kalian semua. Kerumunan massa ini berpotensi menularkan penyakit Corona. Meski bapak ibu merasa sehat, tapi dari sekian kerumunan massa ini, kalau ada satu saja diduga Corona, maka dalam sehari saja, banyak yang tertular, mari sayangi keluarga,” ucap AKP Harianto ditengah kerumunan masa yang melihat jaranan.

Lebih lanjut menurut AKP Harianto, bahwa kami bersama anggota harus melakukan pembubaran, demi mencegah penularan virus Covid-19 atau Corona.

Sementara itu, Budi ketua group Jaranan Putro Joyoboyo nampak bisa menerima keputusan aparat kepolisan Polsek Pagu tersebut.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada aparat penegak hukum sudah mengingatkan, dan saya minta maaf kepada masyarakat karena harus menyudahi acara ini,”jelas Budi.#[KP]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker