ADVETORIALBONEBOL
Trending

MENGEJUTKAN, DIAM-DIAM RISNO JUSUF SIAP MAJU DI PILKADA BONE BOLANGO

Laporan : Tim Kabar Publik (JMSI), Editor : Mahmud Marhaba

GORONTALO [KP] – Siapa yang bisa memastikan seseorang menjadi pemimpin suatu daerah? Semua masih rahasia Ilahi. Namun, kerja keras dan upaya yang maksimal akan membuahkan hasil yang memuaskan.

Itulah yang sedang dilakukan Risno Jusuf, Ketua DPP PKPI Gorontalo. Dirinya bertekad untuk membangun daerah. Tak tanggung-tanggung, dirinya siap maju dalam Pilkada di Bone Bolango 2020 mendatang. Berbagai persiapan pun mulai dilakukannya.

Risno Jusuf, merupakan ASN yang ditarik ke Gorontalo dari provinsi DKI Jakarta di zaman Fadel Muhammad sebagai Gubernur saat itu. Namun, belakangan dirinya mengambil langkah berani dengan pensiun dini. Padahal, masih ada 10 tahun lagi dirinya bisa berkarir sebagai ASN.

Kepada kabarpublik.id , Risno Jusuf memberikan pandangan barunya terhadap dunia pemerintahan jika kelak rakyat akan mempercayakan dirinya untuk menjadi kepala daerah di Bone Bolango. Kesejahteraan rakyat jadi program utamanya dengan tidak bergantung pada dana pemerintah.

Sebuah pembuktian terhadap keseriusan untuk membangun masyarakat yang lebih sejahtera, Risno mengatakan jika saat ini dirinya memiliki lahan seluas 26 hektar di Jonggol. Lahan ini ditanaminya bahan pertanian herbal seperti seperti Sereh wangi, Jahe Merah, Lengkuas,  Kunyit dan Kencur. Dari sinilah Risno mengembangkan usaha ekspor bahan herbal ke luar negeri hingga dirinya kini menjadi pengusaha tanaman herbal.

Dengan pengalaman inilah, dirinya berusaha akan membangun Gorontalo menjadi sebuah daerah pertanian yang berimplikasi terhadap kesejahteraan rakyat. Dipaparkannya, tanaman herbal ini sangat dibutuhkan di luar negeri. Prospek ekonominya sangat jelas. Dan dirinya siap untuk memulai melakukan penanaman tanaman herbal kecuali kencur yang tidak cocok dengan tanah di Gorontalo.

Risno memberikan contoh soal tanaman Sereh wangi. Tanaman ini tidak perlu dijaga layaknya menjaga tanaman jagung atau padi. Tetapi dengan tanaman ini prospek masa depan ekonomi rakyat jadi tinggi. Tanaman ini kata Risno, bisa panen setelah 7 bulan dan setelah itu, setiap 3 bulan bisa dilakukan panen seterusnya.

“Daun Sereh wangi disuling menjadi bahan dasar parfum. Dan saya sudah ekspor ke Eropa, hasil sulingan bisa dinilai hingga 450.000 – 650.000/ liter. Ini yang akan dibuka peluang di Gorontalo,” kata Risno Jusuf, Jumat (14/08/2020).

Demikian juga dengan Kencur. Sayangnnya, tanaman ini sulit tumbuh di Gorontalo. Dan prospek untuk tanaman Kencur sangat dibutuhkan di Cina dan Korea dengan harga pasaran yang cukup tinggi. Bahkan ampas dari Kencur bisa dijadikan pakan ternak sapi dan kambing.

Dengan usaha seperti ini, Risno akan membangun di Gorontalo khususnya kepada petani miskin yang tidak pernah merasakan kesejahteraan layaknya warga lainnya.

“Jika rakyat sejahtera, maka daerah akan maju. Banyak lahan pertanian yang nganggur dan warga hanya berharap dari uang Negara. Pola ini tidak boleh lagi dimasa mendatang,” kata Risno dengan keyakinan yang tinggi.

“Kedepan, saya akan memberikan bibit gratis dan petani kerjanya hanya menaman saja. Saat panen saya akan membeli sendiri hasilnya dari petani itu,” kata Risno lagi.

Dengan pola seperti ini, kata Risno, petani tidak perlu lagi berharap dari uluran bantuan pemerintah.

“Jika saya dipercayakan jadi pemimpin daerah, saya akan menolak bantuan pemerintah untuk petani. Dan biarlah semua pembangunan diurus oleh para Kadis. Urusan saya hanya dengan rakyat,” tegas Risno sambil memohon dukungan doa dari rakyat Bone Bolango.

Untuk Pilkada yang sudah di depan mata ini, dirinya akan memberikan kejutan dengan menggalang partai politik menjadi sebuah koalisi besar untuk Bone Bolango yang lebih cemerlang.#[KP]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker