KOTA GORONTALO

PEMKOT GORONTALO TERUS SERIUSI PENANGANAN BANJIR DAN PEMBANGUNAN TANGGUL

KOTA GORONTALO [KP] – Luapan sungai Bone, kembali menerjang sebagian wilayah Kota Gorontalo. Akibatnya sejumlah rumah warga kembali tergenang arus sungai bone itu.

“Luapan air ini, sudah ketiga kalinya menerjang Kota Gorontalo, sejak Juni lalu,” ungkap Wakil Walikota Gorontalo, Ryan Kono saat diwawancarai usai melakukan pemantauan disejumlah titik banjir, Sabtu (25/07/2020).

Dalam pemantauan itu, Ryan bersama sejumlah OPD terkait, turut mendistribusikan makanan siap saji kepada warga yang terdampak.

“Ada 7 titik yang kita kunjungi termasuk tempat pengungsian warga. Kita berikan makanan siap saji dan air mineral untuk membantu kebutuhan mereka,” ujar Ryan.

Kata Ryan, penanganan banjir di Kota Gorontalo terus diseriusi pemerintah kota. Baik penanganan darurat maupun mempercepat pembangunan tanggul yang jebol.

“Kita kawal terus untuk perbaikan tanggul, Alhamdulillah telah direspon oleh pihak kementerian PUPR. Insha Allah tinggal menunggu action pekerjaannya,” jelasnya.

Memang menurut Ryan, banjir yang melanda kota gorontalo akibat intensitas curah hujan yang sulit diprediksi beberapa bulan belakangan ini.

Ditambah dengan jebolnya tanggul pembatas di bantaran sungai diwilayah Tamalate, Padebuolo dan Bugis. Sehingga kata Ryan, apabila terjadi hujan di daerah hulu dampaknya langsung dirasakan warga yang tinggal di bantaran sungai Bone.

Namun upaya ini mulai menunjukkan titik terang, seiring dengan penanganan langsung oleh kementerian PUPR melalui Dirjen Sumber Daya Air.

“Kita doakan bersama semoga bencana ini segera berakhir. Terima kasih kepada TNI/Polri, Tagana, Organisasi kemasyarakatan serta semua pihak yang telah membantu pemerintah Kota Gorontalo menangani banjir di kota Gorontalo,” pungkas Ryan.

Sementara Walikota Gorontalo Marten Taha rencananya Senin besok akan menghadiri pertemuan dengan jajaran dirjen SDA, untuk menindak lanjuti usulan terkait perbaikan tanggul tersebut.#[KP/HMS]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker