ADVETORIALPAPUA BARATRAJA AMPAT

MELALUI PROGRAM TMMD, TNI MERAJUT KEBERSAMAAN WARGA

Laporan : Rijali (JMSI), Editor : Mahmud Marhaba

RAJA AMPAT [KP] – Salah satu jati diri TNI adalah “Tentara Rakyat”. Pesan ini terus mengejawantah dan melebur di sanubari seluruh prajurit TNI di bangsa ini yaitu Indonesia.

Istilah Tentara Rakyat itu berawal dari ‘kesatuan tentara dengan rakyat’, gagasan ini disampaikan Jenderal Soedirman ketika diangkat menjadi Panglima besar TNI, kurang lebih sekitar 74 tahun lalu. Ini terilhami bahwa tentara dengan rakyat adalah dua sisi mata uang yang tidak terpisahkan.

Keberhasilan Indonesia dalam merebut kemerdekaan tidak luput dari peran besar rakyat sebagai komponen utama. Ini juga sebagai acuan dasar di tubuh mereka (TNI) sampai sekarang.

Makna dari Tentara Rakyat adalah berjuang untuk kepentingan rakyat dan terus menjadi milik rakyat.

Peran penting itu menjadi ingatan sejarah oleh sekelompok pria berpakaian loreng dengan karakter penuh gagah dan berani bahkan wajahnya terkesan menyeramkan. Namun dibalik karakter itu tersimpan jiwa kerakyatan, keharmonisan dan humanis yang tinggi, maka tak heran mereka pun terus berjibaku dan merajut kebersamaan warga.

Dengan adanya program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke-108 di wilayah Kodim 1805/Raja Ampat yang berlokasi di kampung Warsambin, distrik Teluk Mayalibit sebagai wujud nyata membangun kesejahteraan warga setempat.

Sekelompok berpakaian loreng itu, mereka adalah personil TNI Kodim 1805/Raja Ampat yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke-108.

Demi untuk memutuskan mata rantai warga yang terisolir, Anggota TMMD ke-108 Kodim 1805/Raja Ampat kurang lebih sebanyak 150 Personil gabungan TNI/Polri sangat antusias dalam pelaksanaan pembangunan rumah warga dan berapa fasilitas lainnya tanpa mengenal lelah.

Berdasarkan hasil peninjauan di lokasi TMMD, Minggu (05/07/2020) siang tadi nampak baru memasuki hari ke lima perubahan pembangunan terus meningkat kurang lebih lima puluh persen.

Tentunya antusias Personil TMMD merupakan keberhasilan Kodim 1805/Raja Ampat yang mengarahkan pasukannya dalam membangun kesejahteraan masyarakat. Hal ini juga tidak terlepas dari tongkat estafet Komando di bawah kepiawaian seorang pimpinan.

Dandim 1805/Raja Ampat itu adalah Letkol Inf Josef Paulus Kaiba, demi menyukseskan pelaksanaan TMMD ke-108 di kampung Warsambin, nampak terus membangun sinergisitas dengan Pemerintah, Polri, masyarakat dan Insan Pers serta komponen lainnya.

Perwira Seksi Teritorial (PasiTer) Kodim 1805/Raja Ampat, Lettu Inf Musa Maknun terus intens merajut kebersamaan dengan warga dan juga terus hadir di tengah-tengah personil TMMD untuk memberikan motivasi.

“Ini dilakukan sebagai upaya membangun semangat kerjasama dan gotong royong guna memupuk Kemanunggalan TNI bersama Rakyat di lokasi (TMMD)”, jelasnya.

Dia pun berharap, dengan kerjasama ini bisa mendukung kegiatan di lapangan agar semakin kompak dengan warga dalam kebersamaan dan penuh rasa kekeluargaan.

“Kegiatan TMMD ini adalah salah satu kegiatan program staf Teritorial Kodim 1805/Raja Ampat. “Sebagai PasiTer mempunyai tanggungjawab untuk memberi semangat kepada anggota agar nantinya pekerjaan bisa berjalan lancar dan target bisa terpenuhi dengan hasil yang memuaskan”, tandas Lettu Inf Musa Maknun.#[KP].

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker