HALMAHERA SELATANMALUKU UTARAPOLITIK
Trending

MENGAPA UMAR HAJI SOLEMAN ‘BATAL’ MAJU DI PILKADA HALSEL? INI JAWABANNYA

Laporan: Alif Budiman (JMSI), Editor : Mahmud Marhaba

LABUHA [KP] – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar, Kabupaten Halmahera Selatan (HALSEL) Umar Hi. Soleman dipastikan tidak akan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Halsel, menyusul adanya arahan partai yang menyerahkan langsung pencalonan pada Umar untuk memutuskan maju tidaknya dalam pesta demokrasi 2020.

Entah dasar apa, Umar diinformasikan tidak maju bertarung sebagai wakil Bupati Halsel mendampingi petahana Bahrain Kasuba (BK). Dirinya malah memberikan alasan lebih fokus ke pelayanan masyarakat sebagai wakil rakyat.

Hal tersebut dibenarkan Ketua Bidang Organisasi DPD Partai Golkar Halsel, Gufran Mahmud yang juga Ketua Komisi I DPRD Halsel saat ditemui diruang kerjanya, Jumat (26/06/2020).

“Ada wacana Umar tidak akan maju, alasannya prinsip saya tidak bisa berkomentar, itu ranah pak Ketua,”ungkap Gufran.

Ditanya soal hasil Musda DPD I Golkar yang memaketkan Ketua DPD II Golkar, Umar Hi Soleman dengan petahana, Gufran mengaku putusan tersebut bersifat wacana dan sudah tidak berlaku lagi. Pasalnya, saat ini semua keputusan sudah dikembalikan ke Ketua DPD II Golkar.

“Memang awalnya dalam Musda  beberapa waktu kemarin, ada aspirasi yang muncul dan melahirkan rekomendasi pandangan umum, untuk Halsel Umar dipaketkan dengan Incumben, namun ada hal-hal teknis sehingga keputusan tersebut dikembalikan ke DPP II,”ucapnya.

Sebelumnya, beredar pemasangan Baliho disudut  Halsel yang mencantumkan Calon yang dipasangkan Bupati Halsel Bahrain Kasuba dengan Ketua DPD II Golkar Umar Hi Soleman akan maju bertarung dalam Pilkada Halsel 2020.

“Selain Umar Hi Soleman yang dipasangkan dengan Bahrain Kasuba sejumlah nama juga dipasangkan sebagai calon Wakil Bupati Halsel berpasangan dengan Bahrain Kasuba diantaranya Bahrain Kasuba – M Likur Latif, Bahrain Kasuba – Muhlis Sangaji, Bahrain Kasuba – Ikram Haris,  Bahrain Kasuba  – Asrul Rasyid Ichsan, Bahrain Kasuba – Ajid  dan Bahrain Kasuba – Rosiyana Sarif,” terang Gufran.

Ditambahkannya, dari sejumlah nama yang dikabarkan akan berpasangan dengan Petahana Bahrain Kasuba sebagai calon Bupati dan wakil Bupati Halsel periode 2020-2025, Bahrain Kasuba memutuskan secara sepihak tanpa berkordinasi dengan pasangan Calon wakilnya.

“Bahrain Kasuba memutuskan untuk berpasangan dengan salah seorang kontraktor asal Makassar Sulawesi Selatan, Lutfi Machmud, terangnya.

Salah seorang kontraktor asal Sulawesi Selatan Lutfi Machmud dipaketkan dengan patahana Bahrain Kasuba tanpa kordinasi lebih awal dengan Lutfi Machmud. Ini berdasarkan surat Pimpinan Dewan kabupaten Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (DPK PKP-INDONESIA) Halmahera Selatan Nomor : 011/DPK IND/HS/VI/2020 Perihal Penerbitan SK Model B.1-KWK Parpol pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Halmahera Selatan periode 2020-2025, Bahrain Kasuba dan Lutfi Machmud. Surat tersebut di keluarkan di Labuha 22 Juni 2020 yang ditandatangani oleh Bahrain Kasuba sebagai ketua dan Adi Hi Adam sebagai Sekretaris partai PKPI. Sikap politik yang ditunjukan petahana Bahrain Kasuba yang tidak pasti dalam menentukan calon wakil Bupati Halsel bakal mengancam dirinya tidak mendapatkan partai pengusung sebagai calon Bupati dan wakil Bupati kabupaten Halmahera Selatan.#[KP]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker