BONEBOL

DI TAPA, PEMAKAMAN PROTAP KESEHATAN NYARIS RICUH, INI PENYEBABNYA

Laporan : Hidayat Mokambu (JMSI), Editor : Mahmud Marhaba


BONEBOL [KP] – Viral, penguburan salah seorang warga yang meninggal usai melahirkan di Rumah Sakit Aloei Saboe sempat menghebohkan warga Desa Talulobutu, Kecamatan Tapa, Selasa, (02/06/2020).


Ironisnya, pada saat prosesi pemakaman sempat menimbulkan emosi dari pihak keluarga, karena dari pihak Tim Gugus Tugas dan Tim medis dari pihak Rumah Sakit tidak terjun langsung dalam pemakaman, malah hanya pihak keluarga yang dibekali Alat Pelindung Diri oleh pihak Rumah Sakit.


Hal itupun dibenarkan oleh Kepala Desa Talulobutu, Herman Eki, S.Ip saat di wawancarai oleh tim kabarpublik.id, usai melangsungkan pemakaman tersebut.

Kepala Desa Talulobutu. Herman Eki S.Ip


“Ya, tadi ini sempat bikin torang (kami) panik juga, karena hasil penyampaian pertama pihak keluarga menyampaikan ke Pemerintah Desa akan dilaksanakan secara protokoler Covid, ternyata setelah ditanyakan ke Gugus, ke pihak tim medis Puskesmas , ke Dinas, ternyata prosedurnya hanya sesuai dengan standar kesehatan, bukan standar Covid,” ucap Kepala Desa.


Sehingganya, lanjut Kepala Desa, Ini juga merupakan sebuah pengalaman dari Desa Talulobutu untuk Desa-Desa yang lainnya juga.


“Kami sampaikan ke masyarakat bahwa pasien ini bukan pasien Covid tetapi standar penguburannya sesuai dengan standar kesehatan,” tegasnya.


Hal yang sama pula dikatakan oleh Kepala Camat Tapa, H. Achril Y. Babyonggo, ST. M.Ec.Dev, dirinya mengatakan bahwa kejadian ini hanyalah kurangnya koordinasi antar instansi yang terkait didalamnya.

Camat Tapa, H. Achril Y. Babyonggo, ST. M.Ec.Dev,


“Jadi kita sudah punya gugus tugas, relawan, seharusnya harus di edukasi tentang apapun masalah Covid, supaya kata awam itu tidak ada, bagaimana menghilangkan hal itu, makanya di edukasi, saya mengakui hal itu, karena kita fokus pada pencegahan bukan penanganan, karena penanganan itu merupakan tugas lembaga lain,” kata Camat Tapa sambil menegaskan jika sampai saat ini Kecamatan Tapa masih dalam keadaan aman dan terkendali. #[KP].

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
5
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker