MAYBRATPAPUA BARAT
Trending

MAHASISWA MAYBRAT TAGIH JANJI KADIS PENDIDIKAN SOAL BLT, FRAKSI NASDEM DPRD ANGKAT BICARA

Laporan : Rijali (JMSI), Editor : Mahmud Marhaba

MAYBRAT [KP] – Fraksi Partai Nasional Demokrat (NasDem) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Maybrat menyoroti janji kepala Dinas (Kadis) Pendidikan kepada Mahasisawa Maybrat terkait akan diberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) atau Beasiswa bagi Mahasiwa Maybrat di Seluruh Indonesia pasca Karantina Covid-19.

“Kami dari Fraksi NasDem menyoroti soal janji Kepala Dinas Pendidikan untuk BLT kepada Mahasisawa Maybrat di Seluruh Indonesia, pasca dampak Virus Covid-19,” ungkap Ketua Fraksi NasDem DPRD Kabupaten Maybrat Yonas Yewen, A. Md.Tek, kepada kabarpublik.id melalui WhatsApp pribadinya, Minggu (26/04/2020).

Menurut Politisi Muda Partai NasDem itu, Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Maybrat memberikan janji Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang berlebihan kepada Mahasisawa Maybrat berstudi di kota-kota di Seluruh Indonesia pasca Virus Covid-19, yang akhirnya menimbulkan protes emosi ketidak percaya kepada Pemda Maybrat.

“Kita berharap Kadis Pendidikan Maybrat segara bertangungjawab atas janji kepada Mahasisawa Maybrat se-Indonesian, jangan memperkeruh suasa atau situasi Negara dalam darurat Covid-19. Ini Sangat berbahaya sekali, Kalau boleh Bupati Maybrat segera evaluasi dan Non Jobkan yang bersangkutan,” tegas Ketua Fraksi itu.

Ia mengungkapkan, selama pembahasan pergeseran anggaran Covid-19 di Kabupaten Maybrat Dinas bersangkutan tidak menyetujui pergeseran anggaran dari Dinas Pendidikan ke Tim Covid-19 karena Dinas bersangkutan dengan memiliki DPA sangat besar sekali dari SKPD atau OPD lainnya. 

“Saat Kami rapat Tim Banggar Legeslatif dan Eksekutif, saat ini kami pertanyakan soal BLT kepada Mahasiswa dan masyrakat Maybrat, namun Tim Banggar Ekesekutif menjawabnya bahwa tidak ada edaran dari Menteri Pendidikan soal BLT Kepada Mahasiswa”, ungkapnya.

Tampak foto Mahasisawa Maybrat di depan Asrama Mahasiswa Jogjakarta, aksi meminta Bantuan sekaligus memprotes Pemda Maybrat Soal BLT kini Belum direalisasikan.

“Mereka juga mengklaim bahwa Dinas Pendidikan Kabupaten Maybrat tidak mau melakukan Pergeseran Anggaran dari Dinas yang bersangkutan kepada Tim Covid-19, dan perlu diketahui Pergeseran Anggaran Covid-19 Rp. 43 Miliar lebih itu tidak dimasukan bantuan Pendidikan,” papar Anggota Badan Banggar DPRD Kabupaten Maybrat itu.

Sementara itu, Ketua Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Maybrat Daerah Istimewa Yogjakarta, Bertolomeus Korain dalam pernyataan meminta agar pemerintah segera menyikapi sutuasi saat ini.

“Pemerintah Maybrat harus cepat menanggapi situasi darurat pandemi virus Corona (Covid-19) dan hadir sebagai pelindung masyarakat dinilai  justru sangat lambat, lebih sibuk urus birokrasi, menganggap remeh persolan dan menebarkan janji-janji palsu atau Hoax,” ungkapnya seperti diberitakan posberitanasional, pada Kamis (23/04/2020).

Mahasiswa dan Pelajar Maybrat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam hal ini mewakili seluruh mahasiswa se-Indonesia menerangkan beberapa poin-point penting untuk menjadi perhatian Pemda Maybrat yakni :

Pertama : Minta Pemkab Maybrat melalui dinas Pendidikan Maybrat untuk memberikan BLT kepada mahasiswa Maybrat di Yogyakarta dan seluruh Indonesia. Dan menuntut pertanggung-jawaban Kepala dinas Pendidikan kabupaten Maybrat terkait stetmen dimedia lokal pada tanggal 8 April 2020.

Kedua : Kami minta pemerintah kabupaten Maybart transparan terhadap penggunaan anggaran Covid-19 terutama dana pendidikan.

Ketiga : Kami Mendesak Pemkab Maybrat segera menghentikan operasi Militer di wilyah Aifat Timur, kemudian Pemda Maybrat bersama Pemda Teluk Bintuni untuk melakukan dialog penyelesaian masalah yang mengakibatkan korban anggota Brimob Polda Papua Barat pada beberapa waktu lalu.

Selain itu, seperti telihat spanduk mahasiswa di depan Asrama di Jogjakarta, Kamis (23/04/2020) meminta kepastian bukan janji.

“Kami butuh realisasi bukan janji-janji palsu, #Stop tipu-tipu., berikan Bantuan Langsung Tunai kepada Mahasiswa/i Maybrat Seluruh Indonesia, #Covid-19., Rest in Peace (R.I.P) Dinas Pendidikan Kabupaten Maybrat,” tulisan dalam spanduk Mahasiswa Maybrat di depan Asrama Mahasiswa Jogjakarta.#[KP/YW]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker