BOALEMOGORONTALO
Trending

REKTOR UNU SERAHKAN CAIRAN HERBAL ANTISEPTIK KE BUPATI BOALEMO

Laporan : Nurman Ismail (JMSI), Editor : Mahmud Marhaba

BOALEMO [KP] – Sebagai upaya partisipasi Perguruan Tinggi dalam memerangi penularan wabah Covid-19, Universitas Nahdatul Ulama (UNU) Gorontalo memberikan bantuan cairan herbal antiseptik kepada pemerintah daerah kabupaten Boalemo yang diterima langsung oleh Bupati Boalemo, Darwis Moridu.

Cairan herbal antiseptik sebanyak 100 liter tersebut di terima di ruang kerja Bupati Boalemo. Ini merupakan hasil buatan sendiri oleh Perguruan Tinggi UNU Gorontalo yang diambil dari beberapa bahan mentah diantarnya adalah siri, sere dan jeruk nipis.

Menurut Ketua Kemunikasi Informasi dan Edukasi penanganan Covid 19, dr. Murinda Maji, M.Si bahwa bahan bahan tersebut mengandung banyak senyawa kimia untuk menghambat pertumbuhan bakteri.

Kepada media ini, dr Murinda Maji, M.Si menegaskan bahwa bahan bahan herbal yang telah dipilih tersebut sudah berdasarkan penelitian melalui uji laboratorium yang sudah dipastikan bisa memperhambat pertumbuhan bakteri.

“Bahan yang sudah dipilih berdasarkan penelitian, sudah dilakukan uji laboratorium, dan Alhamdulillah kami ujikan pada bakteri ecolli dan hasilnya menghambat pertumbuhan bakteri. Ini dikarenakan kami di Gorontalo belum ada alat untuk melihat virus, jadi kami uji pada bakteri,” ungkap dr. Murinda Maji.

Rektor UNU Gorontalo, Dr. Ridwan Tohopi, M. Si mengungkapkan bahwa terwujudnya pembuatan cairan herbal antiseptik oleh pihak Perguruan Tinggi UNU Gorontalo disebabkan karena sulitnya untuk mendapatkan alkohol, bahkan bahan-bahan untuk penanganan Covid-19 tidak ada.

“Karena sulit mendapatkan alkohol dan bahan-bahannya mahal dan tidak tersedia juga, maka kami berupaya meneliti melalui uji laboratorium, ilmu inilah yang kami coba untuk menangani pencegahan penyebaran virus Corona,” ungkap Dr. Ridwan Tohopi, M. Si.

Sementara itu, Bupati Boalemo Darwis Moridu menyampaikan terimakasih kepada pihak Universitas Nahdatul Ulama Gorontalo, yang sudah membantu pemerintah daerah dalam upaya memerangi penyebaran Covid-19 di kabupaten Boalemo.

“Terima kasih banyak saya ucapkan kepada pihak Universitas Nahdatul Ulama Gorontalo,telah memberikan bantuan ke Pemda untuk masyarakat Boalemo,” ungkap Bupati Darwis Moridu saat menerima cairan herbal antiseptic tersebut.#[KP]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker