BUOL

SATGAS PENANGANAN COVID-19 PEMKAB BUOL INTRUKSIKAN ODP YANG DI KARANTINA DI RUSUNAWA PENANGANANNYA MANDIRI

Laporan : Taufik Panua (JMSI)

Editor : Mahmud Marhaba

BUOL [KP]- Sebanyak 199 Warga Kabupaten Buol yang di karantina di Rusunawa merupakan ODP Covid-19 dirumahkan.

Berdasarkan keputasan Rapat Satgas penangan Covid-19 yang dipimpin oleh Wabup Abdullah Batalipu bersama Sekab Suprizal Yusuf, Kepala RSUD Mokoyouri dr. Arianto Panambang, Petugas Polres Buol, Jozi, Kepala Dinas Kesahatan, Muhammad Rizal, bersarta para Camat dan Kapus Lingkup Kabupaten Buol di Dinas Sosial, Selasa (24/03/2020) bahwa ODP Covid-19 dirawatrumahkan dengan malakukan karantina mandiri dengan pengawasan penuh dari pemerintah dan tenaga kesehatan di tiap wilayah kecamatan dan Desa.

Wabup Buol, Abdullah Batalipu, menegaskan kepada pemerintah, aparat keamanan dan tenaga kesehatan ditiap Kecamatan agar melakukan kerjasama maksimal dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Buol.

Dr. Arianto menerangkan, sebelum dipulangkan ODP yang merupakan jamaah Tablik yang mengikuti ijtimah di Pakatto, Kabupaten Gowa,  Sulsel, ini terlebih dahulu melakukan tes kesehatan, ODP yang dinyatakan sehat, lalu kemudian menandatangani surat pernyataan untuk selanjutnya dipulangkan melalui pengawalan dan pengawasan pemerintah dan tanaga medis di masing-masing Kecamatan.

Surat pernyataan ODP Covid-19 yang melakukan karantina mandiri menerangkan bahwah dilarang keluar rumah, melakukan pertemuan keluarga/kelompok, serta mencuci tangan dan memakai masker dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat

Sekab Buol, Suprizal Yusuf, menerengkan bahwa Satgas Penangan Covid-19 akan membentuk  tujuh tim medis di masing masing kecamatan untuk melakukan penanganan Covid-19 di tiap kecamatan terkhusus kepada ODP.

Disela-sela rapat dr. Arianto Panambang memberikan penjelasan cara membuat Disinfetkan, Hand Sanitizer dan pembuatan masker alternatif dari tisu basa.

Status ODP belum tentu tertular Covid-19. Dikatakan masuk kategori ODP apabilah orang tersebut telah bepergian kedaerah yang terjangkit Covid-19 atau pernah berkontak langsung dengan pasien positif Covid-19.#[KP]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker