GORONTALOPOHUWATO
Trending

SYARIF MBUINGA TERIMA GELAR TAUWA LO MADALA

Laporan : Jundi Dai (JMSI Gorontalo)
Editor : Mahmud Marhaba

POHUWATO [KP] – Ulipu Duluwo Limo Lo Pohala’a Lo Hulondalo To Pohuwato, mengukuhkan Pulanga kepada H. Syarif Mbuinga,S.Pd.I.,SE.,MM Bupati Pohuwato berlangsung di rumah adat Pohuwato, Senin, (09/03/2020)

Pengukuhan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Pohuwato, Amin Haras, unsur pemerintah Provinsi Gorontalo, Bupati Gorontalo Utara yang diwakili Kadis Lingkungan Hidup Ilyas Lagaresu, Ketua DPRD Nasir Giasi, Sekda Djoni Nento, Pimpinan OPD, Camat, Pemangku Adat se-Provinsi Gorontalo, pemangku adat Pohuwato bersama para imam dan pegawai syari’i.

Dalam sambutannya Wabup Amin Haras mewakili pemerintah daerah dan juga masyarakat Pohuwato menyampaikan terima kasih dan apresiasi penghargaan kepada para pemangku adat bate ulipu duluwo limo lo pohala’a dan seluruh jajaran dan pemangku adat yang ad di provinsi Gorontalo yang pada hari ini menyelengarakan sidang adat untuk mengukuhkan pulanga yang nantinya akan dianugerahkan kepada Syarif Mbuinga selaku Bupati Pohuwato.

“Penganugerahan satu gelar adat ini adalah suatu penghargaan yang sangat tinggi di daerah adat kita Gorontalo terhadap seorang figur atau pejabat yang sudah melalui pengkajian dan penilaian serta pengamatan dari masyarakat melalui sesepuh para pemangku adat di daerah duluo limo lo pohala’a, Insya Allah semua proses berjalan lancar dan sukses,” ungkap Amin Haras.

Tak lupa Wakil Bupati Amin Haras mengucapkan terima kasih kepada para pemangku adat yang telah datang pada acara pengukuhan gelar adat pulanga

“Untuk itu ucapan terima kasih dan apresiasai kepada pemangku adat, karena ini sudah menjadi tradisi adat yang terus kita jaga, pelihara dan lestarkan dimasa-masa yang akan datang,” ungkap Wabup Amin.

Selanjutnya Ilyas Lagaresu mewakil Bupati Gorut pada kesempatan itu menyampaikan bahwa gelar Pulanga kepada Bupati Syarif Mbuinga sudah sesuai, dimana kepemimpinan Bupati Syarif Mbuinga dalam dua dekade pemerintahan yang good governance dan clean governance.

“Bahwa Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga yang kita tujukkan itu sudah bisa diberi penghargaan oleh para pemangku adat Gorontalo. Bupati Gorut menitip salam, bahwa gelar tauwa lo madala yang diberikan oleh pamangku adat provinsi gorontalo terhadap beliau (Bupati Pohuwato) jika terterima di hadapan majelis adat alangkah baiknya diberikan kepada pemimpin bapak Syarif Mbuinga”ucap Ilyas Lagarsu yang pernah menerima gelar adat semasa menjabat Camat.

Setelah mendengar penyampaian perwakilan Bupati Gorut serta persetujuan dari pemangku adat ulipu duluwo lima lo pohala’a maka Wabup Amin Haras mengukuhkan gelar adat pulanga kepada Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga.#[KP]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker