KOTA GORONTALO
Trending

DEKOT MINTA OPD GENJOT RETRIBUSI

Laporan : Muzamil Hasan (JMSI)

Editor : Mahmud Marhaba

KOTA GORONTALO [KP] – Dewan Kota (Dekot) Gorontalo minta OPD genjot hasil Retribusi pada masing masing sektor.

Hal tersebut terungkap pada rapat  Pansus  yang dipimpin  H. Darmawan Duming, S.IP, Senin (24/02/2020).

Pansus  yang  membahas  Ranperda tentang Retribusi Jasa Umum, Ranperda tentang Retribusi Jasa Usaha dan Ranperda tentang Perizinan Tertentu, dihadiri pimpinan OPD yang berhubungan dengan Perizinan serta Retribusi.

Ketua Pansus Hi. Darmawan Duming, S.IP mendesak OPD untuk tetap mengedepankan persuasif dalam menggenjot hasil retribusi.

Di contohkan politisi PDIP ini, pada Retribusi Rumah Potong Hewan (RPH) yang selama ini tidak optimal. Sebab kata Darmawan, banyak pengusaha ternak sapi tidak menggunakan RPH sehingga selain tidak efektifnya Retribusi, juga tidak terkontrol kesehatan hewan yang akan di potong dan pada akhirnya dikonsumsi para pembeli daging sapi.

“Ini penting diperhatikan dan ibu Kadis tolong ini digenjot dan berdayakan RPH.” Terang Darmawan.

Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Kota Gorontalo, Fitri S. Bagu dalam Rapat Pansus tersebut berjanji akan mengoptimalkan RPH serta sarana Retribusi yang berhubungan dengan OPD nya.

Khusus RPH  Fitri  minta tenggang waktu 2 bulan untuk mengembalikan fungsi RPH.

“Saya minta waktu 2 bulan untuk mengoptimalkan fungsi RPH, sehingga tak ada lagi hewan dipotong diluar sarana tersebut,” ungkap Fitri.

Tentunya kata Fitri,  waktu 2 bulan tersebut, digunakan untuk melakukan pendekatan persuasif terhadap para pemotong hewan terutama yang ada diwilayah Kota Gorontalo.

Usai rapat Ketua Pansus ketika berbincang dengan awak media ini mengatakan, bila langkah tersebut selain menggenjot PAD tentunya juga menjaga kualitas hewan potong dari sisi kesehatan.

“Tentunya untuk mengembalikan fungsi RPH, maka OPD yang terkait harus mampu, dengan tetap pada pendekatan persuasif,” terang Darmawan.

DPRD kata Darmawan hanya mengingatkan, bila Perda yang dihasilkan terkait dengan Retribusi harus optimal dan memberikan dampak positif  untuk daerah, dan yang paling utama adalah untuk peningkatan hasil PAD. #[KP]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
http://Vidyaamaliah.co.id
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button