BOLMONG INDUKSULUT

ALEG BOLMONG SUPANDRI DAMOGALAD, S.IP SERAP ASPIRASI MASYARAKAT DAPIL SATU

Laporan : Ruslin Paputungan (JMSI)

Editor : Mahmud Marhaba

BOLMONG [KP] – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Supandri Damogalad, S.IP melakukan Reses masa sidang pertama Tahun 2020 dikediamannya Desa Lolak kecamatan Lolak kabupaten Bolmong, Minggu (23/02/2020) Siang.

Hasil pantauan KabarPublik.Id, dalam Reses yang dibuka langsung oleh camat Lolak Yunius Mokoginta, ada berkisar ratusan perwakilan dari beberapa Desa yang ada di wilayah Dapil Satu yang ikut serta dalam kegiatan Reses tersebut.

“Reses ini adalah bagian yang diatur lewat peraturan perundang-undangan pertama DPRD Kabupaten dan DPRD Provinsi, itu di atur dengan UUD Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah kemudian diatur oleh UUD MD3 terkait dengan Lembaga DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten serta turunan-turunan peraturan Pemerintah dan peraturan itu sendiri,” jelas Sekertaris Komisi III DPRD Bolmong.

“Tentu pelaksanaan Reses yang dilakukan oleh semua tingkatan DPRD itu dalam bingkai UUD yang dibingkai lewat petunjuk pelaksanaan peraturan pemerintah dan peraturan DPR. Sehingga lewat peraturan-peraturan itulah wajib hukumnya setiap anggota DPRD untuk melaksanakan Reses sebagaimana hasil kesepakatan yang dimusyawarakan lewat Badan Musyawarah ditiap tingkatan,” imbuhnya.

Lebih jauh Supandri yang juga sebagai Ketua Fraksi dari Partai PKB itu menjelaskan, lewat dari DPRD Bolmong yang terdiri atas 30 anggota DPRD telah menyepakati pelaksanaan Reses di Kabupaten Bolmong telah dilaksanakan sejak Selasa, 18 Pebruari 2020 hingga hari ini, dan terhitung satu minggu atau 6 hari, dan meski kegiatan reses hari ini dilaksanakan bukan pada hari kerja akan tetapi ini telah disepakati untuk tetap dilaksanakan.

Adapun kegiatan Reses ini merupakan kegiatan secara personal dalam ruang pemerintahan ditiap tingkatan oleh anggota DPRD dalam pelaksanaan kegiatan sidang diluar lingkup dan atau diluar kantor, untuk reses kali ini dilaksanakan masa sidang pertama dengan melaksanakan kegiatan. Pertemuan silaturahmi dalam rangka penyerapan aspirasi masyarakat lewat Dapil yang mengutus bersangkutan dalam ruang diskusi terarah untuk mendengarkan aspirasi masyarakat.

Adapun tujuan dari Reses ini, sebagai bentuk pertanggung jawaban moral, sosial dan politik yang kemudian pada momentum pemilihan legislatif sebelumnya bapak ibu sekalian yang ada di Dapil Satu Lolak dan Sangtombolang, telah memilih juga merefrentasikan kami dan 4 anggota DPRD lainya yakni bapak Toni Tumbelaka, bapak Sulhan,SE,SH, bapak Sukron Mamonto dan ibu Satira Manoppo sebagai Perwakilan di wilayah Dapil Satu.

Ke 4 Anggota DPRD tersebut kata Supandri telah melakukan seluruh rangkaian pertemuan silaturahmi yang dibingkai dengan kegiatan Reses dan pada hari ini dirinya selaku Anggota DPRD Dapil Satu terakhir melaksanakan kegiatan Reses atau pertemuan antara Anggota DPRD dengan perwakilan stakeholder dan masyarakat di wilayah Dapil Satu.

Diakhir sambutannya, Supandri menegaskan, dalam pelaksanaan Reses hari ini, besar hati ingin mengundang seluruh masyarakat di wilayah Dapil Satu yang kurang lebih ada 30 ribu konstitiuen yang ingin dihadirkan untuk bersilaturahmi dan memberikan berbagai macam konsep pembangunan demi kepentingan masyarakat.

“Akan tetapi Kabupaten Bolmong dengan alokasi anggaran pendapatan Daerah cukup besar namun kecil dalam ruang-ruang pelaksanaan dan perencanaan pembangunan serta akomodasi pelaksanaan kegiatan untuk menyerap aspirasi maka dari itu kami hanya mengundang perwakilan saja dari masyarakat yang ad di wilayah dapil satu,” katanya.

Hingga Kegiatan Reses berakhir tercatat ada berkisar 25 perwakilan dari  Stakeholder, tokoh  masyarakat, Ormas dan pemuda yang memberikan kurang lebih 60 usulan dengan suasana hangat dan bersahabat sehingga Reses tersebut berlangsung dengan aman dan damai.#[KP]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1
http://Vidyaamaliah.co.id
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button