KAB KEDIRI

DESA MEDOWO KEDIRI GELAR PESTA MAKAN DURIAN GRATIS SEBANYAK 2020 BUAH

Laporan : Didik Setiadi

Editor : Mahmud Marhaba

KEDIRI [KP] – Sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, warga Desa Medowo Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri menggelar kegiatan “Dhahar Durian”. kegiatan ini yang diselenggarakan setiap tahun sekali itu dilaksanakan, Sabtu (22/02/2020).

Sekitar 2020 buah durian disusun menjadi 5 gunungan tumpeng dipersiapkan oleh warga Desa Medowo Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri dan 2020 tiket masuk dibagikan gratis kepada para pengunjung yang akan ditukarkan dengan buah durian yang disiapkan oleh panitia.

Setiap pengujung yang datang mendapatkan 1 tiket masuk dan kemudian ditukarkan kepada panitia, 1 tiket mendapatkan 1 buah durian gratis.

Sujarwo, Kepala Desa Medowo mengatakan, acara ini sebagai promosi wisata dan tasyakuran sebagai rasa wujud syukur masyarakat Medowo kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah diberikan rezekinya yaitu berupa panen buah durian.

“Durian Medowo berbeda dengan durian dari daerah lain. Durian Medowo memiliki ciri khas ukuran besar kecilnya bervariasi dan memiliki citarasa bervariasi pula, rasanya khas, legit dan terasa ada pahit-pahitnya,” ucap Sujarwo.

Lanjut Sujarwo, ada banyak jenis durian yang ada di Desa Medowo, dimana mayoritas hampir 50% petani memiliki pohon durian. Desa Medowo masih bisa memanen sekitar 2000 biji durian setiap harinya meskipun kadang gagal panen. Selain buah durian, pertanian di Medowo juga ada Manggis dan Salak.

“Selain Durian sebagai destinasi wisata yang baru juga diperkenalkan dalam acara ini antara lain Sumber Jodo, Sumber Londo dan Sumber Tretes yang ada di Desa Medowo Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri,” pungkasnya.#[KP]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
http://Vidyaamaliah.co.id
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button