OPINI
Trending

CATATAN JURNALIS KABARPUBLIK.ID

Oleh : Mahmud Marhaba (Pemimpin Redaksi)

HARI ini, menurut kalender Masehi, kita sudah berada di tahun 2020. Banyak hal yang telah dilalui tahun 2019 kemarin. Berbagai catatan penting telah kami sajikan. Responnya pun berbeda. Ada respon positif, ada yang standar saja, ada pula yang ekstrim.

KABARPUBLIK.ID merupakan media siber yang lahir dari sebuah konsistensi pemberitaan sejak tahun 2000an, ditandai dengan berdirinya koran minimalis KORAN PUBLIK (hitam putih) yang menghiasi pembaca di Gorontalo. Meski media ini hanya media alternatif para pembaca, namun telah memberikan nilai positif dalam dunia jurnalistik. Sayang koran ini hanya bisa bertahan 5 tahun saja.

Seiring perkembangan teknologi, manajemen akhirnya membentuk media siber KABARPUBLIK.ID yang sebelumnya KABARPUBLIKGO.INFO.

Mengungkap berbagai kasus terus menjadi roh kami seiring dengan take line media ini yang merupakan bawaan dari take line KORAN PUBLIKUlas Tuntas Tanpa Batas” yang dibangun dari sebuah semangat orang muda.

Tahun ini, berbagai kasus siap diungkap lagi. Tujuannya agar dapat memberikan kepastian hukum terhadap sebuah kasus, sehingga tidak menjadi bias dan menjadi bahan cemooh di media sosial. Sesuai dengan take line media ini, maka berbagai kasus siap dikawal hingga memperoleh kepastian hukum yang tetap. Dukungan dari berbagai pihak pun diharapkan bisa memuluskan perjalanan pengungkapan kasus ini. Sikap dewasa dan terbuka menjadi salah satu pintu terungkapnya berbagai kasus di tanah air dan Gorontalo.

KABARPUBLIK.ID merupakan media siber pertama di Gorontalo yang telah mengantongi sertifikat lulus verifikasi Administrasi dan Faktual dari Dewan Pers bulan Maret tahun 2019 kemarin.

Menjadi catatan bersama, pertumbuhan media siber di tahun 2019 cukup pesat dan menghiasi perjalanan kehidupan dunia pers di tanah air. Tercatat, hampir 70 persen media hadir dari jumlah media siber tahun sebelumnya. Demikian halnya di Gorontalo. Dewan Pers mengeluarkan data terbaru 10 media siber di Gorontalo yang telah lulus verifikasi faktual, sementara lainnya sedang mempersiapkan medianya menuju sebuah media yang profesional, baik dari sisi adminstrasi maupun persaingan pemberitaan yang sehat dan mengedukasi masyarakat pembaca.

Hasil verfikasi Dewan Pers pun telah diadopsi oleh beberapa instansi pemerintah di daerah. Sayangnnya, ada juga media siber yang mengambil ‘jalan pintas’ dengan mendaftar ke badan lain diluar Dewan Pers. Padahal, usia badan tersebut baru seumur jagung. Ya, terbilang mudah dan sangat gampang untuk memperolehnya. Tak ada yang salah dari semua ini.

Proses dilakukannya verifikasi oleh Dewan Pers sangat ketat dan tidak neko-neko. Buktinya, ada beberapa perusahan media siber yang harus ‘gigit jari’ karena ketidak akuratan data dan adminstrasi yang dituntut.

Masyarakat sebenarnya sangat terbantu dengan kehadiran media siber yang kian banyak ini. Tidak terjadi lagi monopoli oleh media tertentu. Pembaca dimanjakan dengan penyajian berita yang beragam dari sudut pandang wartawan dan medianya. Ada pembaca yang senang dan sangat fanatik dengan media tertentu, meski tidak jarang media itu banyak melakukan pelangaran etika jurnalistik. Pembaca terbawa dengan like and this like, atau adanya hubungan kedekatan dengan seseorang, meski mengabaikan profesionalnya wartawan dan media untuk mengungkap suatu peristiwa. Jika ada media yang mulai berani mengungkap sebuah kasus, maka tak jarang media itu dicibir, dijauhi, ditutup aksesnya dan tidak menutupi kemungkinan dimusuhi bersama.

Perjalanan media tahun 2020 ini akan banyak mengalami tantangan. Masyarakat lebih percaya dari sebuah informasi yang ada di media sosial ketimbang media siber yang memiliki dasar hukumnya yang kuat. Masyarakat wajib tahu jika informasi yang disampaikan ke media sosial bukanlah merupakan hasil karya jurnalisitik. Oleh karena itu, tak jarang banyak masyarakat berhadapan dengan persoalan hukum karena terjerat dengan UU ITE dengan sanksi hukum yang berlaku.

Akhirnya, kami menyampaikan selamat beraktifitas ditahun 2020 ini. InsyaAllah semua mendapat keberkahan dari sang Pencipta, Allah SWT.. Aamiin##

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker