GORONTALOJAKARTANASIONALPOHUWATO

MESKI SIBUK DENGAN PENCALONAN DI POHUWATO, SQB TETAP KOMIT DENGAN PERJUANGAN L2DIKTI KE GORONTALO

Laporan : Jarber SMSI (Ati Modjo)
Editor : Mahmud Marhaba

JAKARTA [KP] – Ditengah-tengah kesibukan persiapan menghadapi Pilkada 2020, Prof. Syamsu Qamar Badu (SQB) tetap tidak lupa mengurus apa yang telah dirintisnya, termasuk pendirian Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2Dikti) berkedudukan di Gorontalo.

L2Dikti merupakan tugas yang tertunda dari SQB sejak dirinya menjabat Rektor Universitas Negeri Gorontalo (UNG) kemarin. Ini diperjuangkan sudah 2 tahun lamanya.

Ketika dihubungi kabarpublik.id yang tergabung di jaringan berita SMSI, di Jakarta, Rabu (13/11/2019), SQB mengatakan bahwa perjuangan L2Dikti sudah dilakukan hampir 2 tahun lalu bersama Wakil Gubernur Gorontalo dan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Gorontalo.

Dari perjuangan SQB terkait L2Dikti, Pemda Bone Bolango berjanji akan menghibahkan tanah dan bangunan untuk kantor L2Dikti. Karena itu Menristek Dikti menyetujui L2Dikti di Gorontalo dan mengusulkan ke Menpan RB, tapi kemudian ditarik kembali usulannya tanpa alasan yang jelas.

Kondisi ini membuat SQB tidak tinggal diam. Beberapa kali dirinya menemui beberapa tokoh Gorontalo terutama diantaranya Wakil Ketua MPR RI, Fadel Muhammad dan Wakil Ketua DPR RI, Rachmad Gobel untuk pendirian L2Dikti di Gorontalo.

Untuk itu SQB berharap agar Pemda lebih proaktif dalam perjuangan ini karena dengan L2Dikti berkedudukan di Gorontalo sangat besar manfaatnya bagi Gorontalo itu sendiri.

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou menyatakan jika benar pihak Pemda Bonebol akan membantu SQB dalam memperjuangkan kehadiran L2Dikti di Bone Bolango dengan menghibahkan tanah dan bangunan kantor tersebut.

“Benar, Pemda siap suport untuk kehadiran L2Dikti di daerahnya. Kami terus mensuport apa yang diperjuangkan oleh pak SQB bersama teman-teman untuk memuluskan kehadiran L2Dikti di Bonebol,” ungkap Hamim Pou yang juga akan mencalokan diri kali kedua sebagai calon Bupati Bonebol 2020 mendatang.

SQB yang mantan Rektor UNG, dikenal bertangan dingin itu dimasa kepemimpinannya menunjukan prestajsi yang luar biasa diantaranya UNG mencapai prestasi institusi tertinggi yakni Akreditasi Institusi A. Bukan hanya itu saja, namun ini pun diikuti puluhan program studi terakreditasi A.

Prestasi yang cukup membanggakan juga dilakukan SQB dimana UNG telah memiliki fakultas Kedokteran UNG. Padahal UNG baru seumur jagung menjadi sebuah universitas. Lebih hebat lagi dari perjuangan SQB saat dirinya menjabat Rektor 2 Periode, dirinya mampu membangun kampus baru UNG di area 50 ha di Bone Bolango.

Tak hanya sampai disitu, untuk menjadikan areal kampus lama UNG tetap memiliki roh sebagai kampus merah maron. Kehadiran hotel DAMHIL menjadi sebuah icon tersendiri ditengah maraknya pembangunan di provinsi Gorontalo terlebih khusus Kota Gorontalo yang menjadi menjadi kota jasa.

Untuk mewujudkan tuntutan Tri Dharma Perguruan Tinggi, SQB mampu meyakinkan 4 Bupati dari 3 provinsi yang berbeda untuk mengembangkan visi sebagai daerah peternakan yang besar di kawasan timur Indonesia. Ide brilian ini pun disahuti dengan membentuk Kerja Sama Utara-Utara yakni Bupati Bone Bolango, Bupati Gorontalo Utara, Bupati Buol dan Bupati Bolmong Utara.

Prestasi dibidang relegi yanag patut menjadi sebuah kebanggan masyarakat Gorontalo adalah pemugaran total masjid kampus Sabilulrasyad yang kini menjadi sebuah kampus yang megah yang selalu dipadati jemaah. Konsep ini didukung dengan ketersediaan kuliner murah meriah yang dihadirkan dilokasi masjid dan juga berada di kompleks pusat perbelanjaan ATK terbesar di Gorontalo.

“Dari semua prestasi yang telah dicapai, pembangunan masjid yang membuat saya selalu bahagia,” ungkap SQB sambil menegaskan jika semua bisa dicapai karena kita membangun dengan managemen “energy kekitaan”.

Kini, sisa L2Dikti yang sedang diupayakan keberadaaanya oleh SQB melalui berbagai lobby di tingkat pusat.

Perjuangnnya untuk menjadi calon kepala daerah di Pohuwato pun dilakukannya dengan melalui berbagai pendekatan, termasuk meminta doa restu kepada petinggi dan seluruh masyarakat Pohuwato.

“Saya sudah diberikan tugas khusus oleh KK RG untuk mensukseskan perjuangan SQB melalui jalur persoarangan di Pilkada 2020 Pohuwato,” ungkap Mikson Yapanto saat Perayaan HUT Partai Nasdem ke 8 di Jakarta belum lama ini.#[KP]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker