KABGOR

MA TOLAK PERMOHONAN KASASI HUTANG PILKADA ZAINUDIN HASAN

Laporan : Tim Kabar Publik (Jarber SMSI)

Editor : Mahmud Marhaba

LIMBOTO [KP] – Mahkamah Agung (MA) resmi menolak permohonan kasasi Zainudin Hasan terkait hutang dana Pilkada Kabupaten Gorontalo 2015 sebesar Rp. 13,6 milyar yang melibatkan Nelson Pomalingo dan Fadli Hasan. Awalnya Zainudin Hasan pada tahun 2017  melayangkan gugatan untuk pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Gorontalo.

Dalam konfrensi perss, Minggu (10/11/2019), kuasa hukum Nelson Pomalingo, Ismail Pelu, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Gorontalo mengungkapkan, sesuai surat keputusan perkara MA Nomor: 1550/K/Pdt/2019, perkara tersebut dinyatakan telah berakhir.

“MA resmi menolak Permohonan Kasasi dari Zainudin Hasan, dan menghukum pemohon kasasi Zainuddin Hasan) untuk membayar biaya perkara pada tingkat kasasi sebesar Rp500 ribu,” jelas Ismail Pelu.

Ia menjelaskan, pada November 2017 pihak Zainuddin Hasan telah mengajukan gugatan ke Pengadilan Tinggi Gorontalo perihal hutang Pilkada Kabupaten Gorontalo tahun 2015 dan Pengadilan Tinggi memutuskan Nelson Pomalingo dan Fadli Hasan harus menanggulangi bersama utang piutang tersebut.

Atas putusan itu, terang Ismail, kuasa hukum Nelson Pomalingo melakukan banding terhadap hasil putusan tersebut hingga akhirnya dibatalkan.

“Zainuddin Hasan kemudian mengajukan kasasi ke MA. Namun akhirnya MA menolak dan menguatkan putusan kedua Pengadilan Tinggi, karena pemohon kasasi tidak memiliki bukti atas gugatan tersebut. Itu artinya, perkara saat ini telah inkrah atau berkekuatan hukum tetap, meskipun ada upaya hukum luar biasa yang akan ditempuh”, tegas dia.

Sehingga atas putusan MA tersebut, Nelson Pomalingo sudah tak memiliki kewajiban membayarkan hutang pilkada yang diperkarakan Zainuddin Hasan. # [KP]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker