SULTENGTOJO UNA-UNA

BENARKAH KAPUS BUNTA BERBOHONG TERKAIT PEMBAKANRAN LIMBAH B3 ??

Laporan: Jefriyanto (Jarber SMSI)
Editor : Mahmud Marhaba

TOUNA [KP] – Keluhan warga terkait pembakaran limbah medis B3 atau limbah beracun yang sering dilakukan oleh pihak Puskesmas Bunta kecamatan Bunta Kabupaten Banggai, mendapatkan sorotan serius dari warga sekitar.

Diketahui, pembakaran hasil limbah B3 dari Puskesmas Bunta, hanya berjarak kurang lebih 20 meter dari rumah warga sekitar.
Pembakaran limbah beracun itu sering kali terjadi ,warga sekitar bahkan pernah mendapatkan gangguan pernafasan karena mencium bau busuk seperti bau karet dan obat obatan.

Yang ironisnya saat di konfirmasi belum lama ini terkait penemuan limbah yang masih berserakan, dan juga pembakaran limbah, dr. Viermon Pakaya selaku kepala Puskesmas setempat mengaku semua informasi yang masuk itu tidak benar.

“Siapa yang bilang itu dang, pada dasarnya itu tidak bena, jadi semua yang kita buat disini baik sampah limbah medis itu punya SOP, limbah basah kita kirim Limbah kering kita bakar” Ucap Viermon.

Tambahan Viermon terkait pembakaran limbah itu pihak Puskesmas mempunyai corong pembakaran

Terpisah saat media ini melakukan investigasi, Kamis, 7 November, corong yang digunakan tersebut sudah dalam keadaan tidak terpakai, corong itu memiliki ketinggian kurang lebih 4 meter dan sambungan corong itu dalam keadaan terpisah berada di bawa tanah.

Untuk sementara pantauan media ini ada tiga titik pembuangan sampah medis seperti yang dikatakan warga, tiga tempat pembakaran itu terlihat jelas dengan bekas limbah medis yang masih ada.#[KP]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker