BONEBOL

PERINGATI HARI PAHLAWAN, TNI AD NAPAKTILAS PERJUANGAN NANI WARTABONE

Laporan : Tim Kabar Publik (Jarber SMSI)
Eidtor : Mahmud Marhaba

BONE BOLANGO [KP] – Menyambut peringatan Hari Pahwalan yang jatuh pada tanggal 10 November 2019 mendatang, TNI AD lakukan pembinaan mental dan ideologi kejuangan (Bintalidjuang) bagi para anggota. Kegiatan itu mengenalkan lebih dalam tentang jejak (napak tilas) pejuang Nasional Nani Wartabone, Senin (04/11/2019).

Acara Bintalidjuang dipimpin langsung Dirbintalad Brigjen TNI Asep Syaripudin. Agneda diawali dengan ziarah rombongan di Taman Makam Pahlawan Nasional Nani Wartabone.

Dalam kesempatan itu Bigjen Asep Syaripudin menyerahkan buku sejarah perjuangan Nani Wartabone.

Ia juga menyampaikan terima kasih atas kesediaan pihak keluarga Nani Wartabone yang telah sudi memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan tersebut.

Pada kesempatan itu dilangsungkan upacara di monumen Nani Wartabone, di Taruna Remaja Kota Gorontalo.

Mengenang sejarah patriotik 23 Januari 1942 di Gorontalo, Dirbintalad mengangkat sebuah ungkapan bijak, yakni, ‘Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawan’. Karenanya momentum 10 November diharapkan seluruh elemen masyarakat dapat meneladani sikap nasionalisme yang telah ditunjukkan para pejuang negeri.

“Maka kita sebagai prajurit TNI dan seganap komponen masyarakat wajib mengenang kembali jasa pahlawan nasional yang diperingati setiap tanggal 10 November. Dalam momentum ini kita mengenang jasa pahlawan sejati kebanggaan rakyat Gorontalo dan juga kebanggaan seluruh bangsa Indonesia, yakni Bapak Nani Wartabone”, ungkapnya.

Ia menekankan, peringatan hari pahlawan tidak hanya mengingat heroiknya para pahlawan yang sangat luar biasa dalam berjuang, namun lebih dari itu adalah bagaimana cara meneladani keutamaan-keutamaan para pahlawan yang berjiwa nasionalis, dan militan.

Ia pun berharap Napak tilas Pahlawan Nasional Nani Wartabone akan membangkitkan ketokohan Nani Wartabone sehingga terpatri dalam sanubari seluruh rakyat Indonesia, diteladani dan menjadi sumber motivasi dalam kancah tugas pengabdian kepada tanah air Indonesia tercinta.

Kegiatan Napak tilas pahlawan nasional Nani Wartabone diikuti oleh para pejabat TNI-Polri serta aparat pemerintah daerah se-Provinsi Gorontalo. # [KP]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
http://Vidyaamaliah.co.id
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button