KABGORNELSON

PELATIHAN KOMPETENSI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS MASYARAKAT

Laporan : Jarber SMSI

Editor : Mahmud Marhaba

LIMBOTO [KP] – Pemerintah Kabupaten Gorontalo terus mendorong kegiatan pelatihan berbasis kompetensi untuk menciptakan SDM yang siap kerja. Menurut Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo pelatihan kompetensi merupakan upaya untuk meningkatkan produktivitas masyarakat dalam peningkatan kewirausahaan.

“Program ini kita lakukan terus menerus.sejak saya bupati kegiatan pelatihan ini dilakukan,” kata Nelson saat kegiatan pelatihan yang dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, UPTD BLK Limboto Kabupaten Gorontalo, Senin (04/11/2019).

Ia menjelaskan pelatihan kompetensi juga membuka lapangan pekerjaan. Hal itupun terlihat dengan mulai berkurangnya angka pengangguran yang ada di Kabupaten Gorontalo.

”Dari 3,6 persen angka pengangguran sekarang tinggal 3,2 persen,” imbuhnya.

Selain itu, mantan Ketua PGRI Provinsi Gorontalo itu mengatakan yang paling utama dalam pelatihan kompetensi yaitu meningkatnya pendapatan masyarakat. Dimana jika pendapatan naik maka kemiskinan akan menurun.

”Tadinya 21,8 persen sekarang tinggal sekitar 18 persen,” ungkap Nelson.

Untuk itu, ia mengatakan telah meminta kepada Kepala Dinas agar melakukan analisis, baik dari segi kebutuhan – kebutuhan tenaga kerja, mengelar pelatihan sesuai kebutuhan.

“Dan bagaimana ketika mereka telah selesai mengikuti pelatihan,mereka bisa menciptakan lapangan kerja,” jelas Nelson.

Ia pun berharap ada kolaborasi semua pihak baik Dinas Tenaga Kerja dan instansi terkait seperti Dinas Pendidikan dan organisasi perangkat daerah lain.#[KP/HMS]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker