BOALEMOGORONTALO

LUAR BIASA, DESA TENILO KECAMATAN TILAMUTA MASUK NOMINASI 5 BESAR PEMENANG LOMBA DESA WISATA NUSANTARA TAHUN 2019

Laporan : Jarber SMSI

Editor : Mahmud Marhaba

BOALEMO [KP] – Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa akhirnya mengumumkan hasil verifikasi penilaian Lomba Desa Wisata Nusantara tahun 2019 yang berlangsung sejak tanggal 7 Oktober sampai 26 Oktober 2019, Jumat (01/11/2019).

Desa Tenilo kecamatan Tilamuta akhirnya masuk dalam 5 besar Lomba Desa Wisata Nusantara tahun 2019 untuk kategori Menengah. Padalah Desa Tenilo kecamatan Tilamuta kabupaten Boalemo bisa dikata baru seumur jagung dalam pengelolaan wisata yang kini jadi viral dimana-mana. Kehadiran objek wisata Pantai Kota Ratu mampu menggeser 5 daerah lainnya.

Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa melalui websitenya tertanggal 1 November 2019 mengumumkan hasil 10 pemenang Lomba Desa Wisata Nusantara.

Desa Tenilo Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo menduduki urutan kelima dari 10 nominasi besar Lomba Desa Wisata Nusantara 2019. Pada posisi Pertama diraih Desa Kembang Kuning Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur sementara pada posisi Kedua desa Dadapan Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan, di posisi Tiga diraih Desa Tebara Kecamatan Waikabuba Kabupaten Sumba Barat, di posisi Keempat ditempati Desa Tiwingan Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar sementara itu pada posisi Kelima mengungguli 5 daerah lainnya yaitu Desa Tinelo kecamatan Tilamuta kabupaten Boalemo.

Ini merupakan prestasi yang sangat luar biasa yang diraih oleh pemerintahan Boalemo dibawah kepemimpinan Darwis Moridu sebagai Bupati Boalemo.

Sementara itu, penggagas pendaftaran Desa Tenilo untuk diikutkan pada lomba tersebut, Zulkarnain Kountul mengatakan jika target yang ingin dicapai yakni menjadi yang terbaik atas desa Tenilo dimana terdapat destinasi wisata yang sangat indah.

“Perjuangan belum selesai masih ada tahapan terakhir yang harus dilakukan pemaparan oleh kepala Desa Tenilo pada 19 November mendatang di Kementrian Desa tentang Locus desa Tenilo  sebagai desa wisata,” ungkap Zulkarnain Kountul.#[KP]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker