oleh

HAMIM MINTA PERTANIAN RAMAH LINGKUNGAN DI BONEBOL TERUS DIKEMBANGKAN

-BERITA-15 views

Laporan : Jarber SMSI
Editor : Mahmud Marhaba

BONEBOL  [KP ] – Pertanian organik menjadi fokus pengembangan pertanian ramah lingkungan yang dipelopori Dinas Pertanian dan Peternakan (DPP) Kabupaten Bone Bolango (Bonebol). Hal ini terungkap saat penyerahan bantuan pertanian dan peternakan untuk kelompok tani di Kabupaten Bone Bolango oleh Bupati Hamim Pou, di Balai Penyuluhan Pertanian (DPP) Bulango Timur, Selasa (29/10/2019).

Pada kesempatan itu, Bupati Bone Bolango Hamim Pou memberikan apresiasi atas pengembangan pertanian organik di Kabupaten Bone Bolango. Begitu pun halnya bantuan berupa bibit buah-buahan, seperti mangga arum manis, durian motong hingga jeruk siam. Meski sederhana Bupati Hamim Pou berharap bantuan yang diberikan bisa menjadi sumber pendapatan masyarakat.

Selain itu, Kepala DPP Bonebol Roswaty Agus menyampaikan untuk tahun 2019 ini bantuan pertanian difokuskan di empat kecamatan yaitu Tilongkabila, Kabila, Bulang Timur dan Bulango selatan, dengan luasan lahan sekitar 80 hektare dibantu dengan pupuk organik. “Kita sekarang itu harus membiasakan diri untuk pertanian yang ramah lingkungan. Menuju pertanian ramah lingkungan itu kita tidak menggunakan pupuk kimia secara berlebihan. Secara berangsur-angsur menggunakan pupuk organik agar supaya lahan kita bisa terjaga dan untuk konsumsi masyarakat, pangan yang di konsumsi adalah pangan yang aman,”jelas Roswaty.

Sementara itu, pantauan di lokasi, penyerahan bantuan berupa bibit durian, mangga, jeruk siam, pupuk organik dan kandang jepit juga dirangkaian dengan panen sayur selada organik. Sekaligus penanaman perdana tamanan hidroponik, hingga pelepasan bantuan ternak sapi. #KP/HMS

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Komentar

News Feed