BONEBOL

DISTAN BONE BOLANGO KEMBANGKAN PERTANIAN RAMAH LINGKUNGAN

Laporan: Rizky Umar (Jarber SMSI)
Editor: Mahmud Marhaba

BONE BOLANGO [KP] – Dinas Pertanian Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, tengah mempelopori sistem pertanian organik. Pola organik dinilai aman serta ramah lingkungan.

“Kita sekarang harus membiasakan diri untuk pertanian yang ramah lingkungan. Menuju pertanian ramah lingkungan itu antaranya tidak menggunakan pupuk kimia secara berlebihan”, jelas Kepala Dinas Pertanian Bone Bolango, Roswati Agus, Selasa (29/10/2019), di TPP Bulango Timur.

Roswati berharap, program yang akan dilancarkannya itu bisa membiasakan para petani di Bone Bolango mulai memanfaatkan pupuk organik untuk ketersediaan bahan pangan yang aman serta menjaga kelestarian lingkungan.

Dikesempatan yang sama, Bupati Bone Bolango Hamim Pou menyerahkan bantuan pertanian dan peternakan kepada kelompok tani.

Hasil pantauan wartawan, bantuan bibit yang diserahkan berupa bibit durian, mangga, dan jeruk siam. Para petani juga mendapat olahan pupuk organik dan kandang jepit.

Bahkan untuk memberi apresiasi terhadap terobosan Dinas Pertanian, Bupati Hamim Pou turut melakukan penanaman perdana tamanan hidroponik serta menyerahkan bantuan ternak sapi. Ia juga menyempatkan diri memanen sayur selada hasil pertanian organik bersama para petani di kecamatan Bulango Timur.

Roswati Agus menjelaskan, tahun 2019 ini Dinas Pertanian fokus membina penerapan pertanian organik di empat kecamatan, yaitu, Kecamatan Tilongkabila, Kabila, Bulango Timur dan Bulango Selatan. Terdapat lahan seluas 80 hektar yang dibantu dengan pupuk organik.

Bupati Hamim berharap bantuan yang diberikan bisa menjadi sumber pendapatan masyarakat. # [KP]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
http://Vidyaamaliah.co.id
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button