GORONTALOPOHUWATO

HMI POHUWATO MINTA TRANSPARANSI SOAL PERDA KEPEMUDAAN. INI PENJELASAN DPRD DAN PEMDA POHUWATO

Laporan : Jaringan Berita SMSI

Editor : Mahmud Marhaba

POHUWATO [KP] – Sejak Kabupaten Pohuwato  dimekarkan dari Kabupaten Boalemo 16 tahun silam, hingga saat ini,  Pohuwato masih penuh tandanya tanya, apakah memiliki Peraturan Daerah (Perda) Kepemudaan atau hanya sebatas wacana surga telinga.

Sebagai salah satu elemen yang tergabung di dalam DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) salah satunya dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Pohuwato melalui Ketua Umum Santo Ali mempertanyakan perkembangan dan progres dari Perda Kepemudaan sebagai turunan dari Undang-Undang (UU) Kepemudaan di tingkat pusat.

“Sampai kini, saat ini kami tidak pernah mendapatkan kepastian ataupun ada perlibatan secara langsung dari instansi terkait dalam kajian, diskusi serta proses perancangan Perda Kepemudaan tersebut. Apakah Perda Kepemudaan sudah diselesaikan atau masih dalam proses perancangan,” pungkas Santo.

Kami berpandangan melaui momentum Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2019 kali ini, mendesak dan mengharapkan kehadiran Perda Kepemudaan Kabupaten Pohuwato  karena sangat penting bagi keberlangasungan dan payung hukum organisasi Kepemudaan di Bumi Panua.

“Nantinya, Perda akan mengatur jelas hak dan kewajiban organisasi Pemuda, termasuk dalam hal menerima bantuan atau hibah. Jangan sampai Pemuda Pohuwato hanya dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan ceremonial Pemda, tapi secara realitas dalam hal subtansinya Pemuda bumi Panua kurang paham tentang masalah ataupun poin-poin yang tercantum dalam Perda Kepemudaan kabupaten Pohuwato yang masih tanda tanya besar bagi kami ini,” tegas Santo.

“Kami mengharapkan transparansi dan objektifitas DPRD dan Pemda ketika bahas soal Perda Kepemudaan bisa dilakukan secara terbuka, dan aspiratif dari semua lingkaran pemuda yang ada di kabupaten  Pohuwato. Jika tidak segera diselesaikan maka kami akan menduduki DPRD Pohuwato dan mempertanyakan masalah Perda Kepemudaan di kabupaten Pohuwato,” ungkap Santo Ali.

Terkiat dengan Perda Kepemudaan, Ketua DPRD Pohuwato, Nasir Giasi mengatakan jika Perda Kepemudaan telah rampung dan disahkan pada periode kemarin.

“Perda Kepemudaan sudah disahkan pada periode kemarin,” ungkap Nasir Singkat ke media ini yang tergabung dalam jaringan berita SMSI Gorontalo..

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata kabupaten Pohuwato, Arfan Tangoy mengatakan jika pemerintah daerah pasca ditetapkannya Perda Kepemudaan terlah banyak melibatkan Pemuda dalam berbagai kegiatan yang dilakukan secara bersama.

“Kami punya program tiap tahun konsolidasi Kepemudaan lewat kegiatan Temu Pemuda yang tiap tahunnya dilakukan disetiap Kecamatan secara bergilir. Ini dilakukan sebagai moment mendialogkan posisi Pemuda dalam kontribusinya untuk daerah,” ungkap Arfan Tangoy yang kenal betul dengan kerja jurnalis.

Ditambahkan Arfan, kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun untuk Pemuda Pohuwato bhawa tahun 2018 kemarin dilaksanakan di Torosiaje sementara untuk tahun ini akan diselenggarakan di kecamatan Taluditi.

Menyikapi persoalan diatas, pemerintah daerah melalui Kadis Pemdua, Olahraga dan Pariwisata mengaskan jika pihaknya memfasilitasi program Kepemudaan yang bekerjasama dengan OKP, OKPI, mahasiswa dan siswa serta komunitas Kepemudaan lainnya.

“Kerjasama lintas institusi pemerintah daerah contohnya dimana kami melakukan kerjasama dengan pihak Nakertrans dalam hal menyiapkan data pemuda yang butuh keterampilan seperti kursus menjahit dan bengkel. Kami memberikan data ini dan pihak Nakertrans yang membuat program pelatihanya. Kami berita datanya dan di support oleh Dinas Perindag dalam hal modal kerjanya,” ungkap Arfan Tangoy membeberkan bagaimana pemerintah daerah melakukan kolaborasi program lintas instansi untuk mensuport kebutuhan Pemuda di Pohuwato.#[KP]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker