BOLMONG INDUKSULUT

JELANG PILSANG,PEMUDA DESA MONGKOINIT DEKLARASIKAN DEMOKRASI DAMAI

Laporan : Jarber SMSI (Ruslin Paputungan)

Editor : Muslim Paputungan

BOLMONG [KP] – Untuk mencegah hal-hal negatif dan merawat demokrasi agar tetap terjaga dalam pesta demokrasi pemilihan Sangadi (kepala Desa, red). Pemuda Desa Mongkoinit menggelar Deklarasi Demokrasi Damai yang diikuti oleh puluhan pemuda. Hal ini bertujuan untuk mencegah politik uang, melawan Hoax dan mengantisipasi jika terjadi hal-hal yang merugikan warga.

Umarudin Mokoagow, salah seorang pemuda mengatakan, pihaknya akan terus mengawal Pemilihan Sangadi (Pilsang) ini agar tercipta pesta demorasi yang damai dan aman.

Menurut dia, Pilsang saat ini  rentan dengan konflik sehingga dirinya dan para pemuda mengambil peran untuk mengawasi jalanya pesta demokrasi agar tetap aman dan tentram.

“Terkait dengan Pemilihan Sangadi (Pilsang) tentu ada banyak hal-hal negatif yang nantinya akan terjadi. kami selaku pemuda tentu tidak ingin hal-hal itu terjadi,” tuturnya.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut mereka lakukan agar masyarakat tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang belum pasti kebenarannya, untuk itulah para pemuda  membuat komitment dengan para Calon Sangadi (Candi)  untuk sama-sama menolak Hoax, politik negatif dan politik uang.

“Spanduk ini nantinya akan diserahkan ke Calon Sangadi untuk dipasang ketika mereka berkampanye,” tegasnya ketika ditemui dikediamanya pada Senin (21/10/2019).

Selain menyerahkan spanduk, pekan ini juga pihaknya akan menggelar kampanye terbuka dari masing-masing calon Sangadi yang difasilitasi oleh pemuda.

Ditempat yang sama,  Sekretaris Desa (Sekdes), Husin H Bambela mengapresiasi langkah yang dilakukan pemuda Desa Mongkoinit.

“Kami sangat mendukung  sebab dengan peran pemuda ini, tentunya dapat menciptakan suasana damai dari para Candi dan pada umumnya untuk masyarakat,” ucap Sekdes.

Peran pemuda sangat dibutuhkan dalam mengawal ataupun mengontrol proses Pilsang nanti, asalkan pemuda harus bisa memperlihatkan netralitas kepada para calon dan masyarakat, dan jangan sampai melakukan hal-hal  yang bertujuan lain.

Diketahui, Sebanyak 105 desa yang tersebar di Kabupaten Bolaang Mogondow bakal menggelar Pemilihan Sangadi serentak yang rencanya akan dilaksanakan pada Kamis, 14 November 2019 mendatang.#[KP]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
2
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker