GORONTALOKOTA GORONTALOPOLITIK
Trending

BESOK, MOH RIFAI BUKUSU BAKAL DIAMBIL SUMPAH/JANJI SEBAGAI ALEG DEKOT GORONTALO

Laporan : Jarber SMSI

Editor : Mahmud Marhaba

KORA GORONTALO [KP] – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Gorontalo. H. Moh. Rifai Bukusu direncakan akan dilantik dan diambil sumpah sebagai anggota DPRD Kota Gorontalo. Rifai Bukusu atau Ai Bukusu demikian biasa dirinya di panggil berhalangan hadir saat pelantikan awal bersama 24 anggota lainnya karena sedang menuaikan ibadah haji.

Usai dirinya berada di tanah air, terhitung sudah 2 bulan ini Rifai Bukusu belum juga dilakukan pelantikan. Hak-hak nya sebagai anggota DPRD belum bisa dijalaninya meski namanya masuk dalam daftar yang dibacakan saat pelantikan pertama.

Untuk itu, Ketua DPRD Kota Gorontalo yang didampingi sejumlah Ketua Fraksi di Dekot itu bersepakan merencanakan melakukan pengabilan sumpak dan janji sebagai anggota DPRD Kota Gorontalo pada Sabtu besok (19/10/2019).

Hal ini disampaikan Ketua DPRD Kota Gorontalo, Risman Taha, SE disela-sela pelaksanaan Bimtek anggota legislatif kabupaten/kota se provinsi Gorontalo, Kamis (17/10/2019) di Grand Q hotel. Kepada media ini Risman Taha mengatakan bahwa saudara Rifai Bukusu harus segera dilantik karena banyak agenda DPRD yang tidak bisa dilakukannya yang tentunya merugikan dirinya sendiri.

“Alhamdulillah untuk DPRD Kota Gorontalo selama ini hanya 24 orang yang diambil sumpah oleh Ketua Pengadilan Negeri Gorontalo dan 1 orang lainnya belum mengucapkan sumpah dan janji jabatan pada saat itu karena berhalangan melaksanakan haji,” tegas Risman Taha kepada sejumlah wartawan.

Risman Taha menjamin jika pelantikan tersebut bisa dilakukan dengan mengacu pada PP Nomor 12 tahun 2018 pasal 28 ayat 7.

“PP Nomor 12 tahun 2018 pasal 28 ayat 7 mengatakan bahwa anggota DPRD yang berhalangan dalam mengucapkan sumpah dan janji dipandu oleh pimpinan DPRD. Dalam konteks ini tidak menyebutkan bahwa apakah ini pimpinan DPRD sementara atau pimpinan DPRD yang sudah definitif,” tegas Risman yang saat itu juga didampingi Rivai Bukusu bersama sejumlah Fraksi di DPRD Kota.

Untuk itu kesepakan bersama dihadapan wartawan Risman Taha akan melakukan pengambilan sumpah dan janji yang akan dipandunya  sehingga anggota DPRD Kota akan lengkap menjadi 25 anggota.

“Jangan sampai hak-hak beliau yang telah dipilih oleh rakyat akan terabaikan dan beliau pun adalah Ketua Partai dan akan menjadi pimpinan DPRD ke depan. Oleh karena itu Pasal 28 PP nomor 12 tahun 2018 sangat jelas untuk dapat dilakukan pelantikan oleh pimpinan DPRD,” tegas Risman Taha.

Dirinya pun menyayangkan jika saat ini Rifai Bukusu Ketua DPC PPP Kota Gorontalo sebagai anggota DPRD Kota terpilih tidak sempat mengikuti Bimtek yang dihadiri oleh seluruh anggota DPRD kabupaten kota se provinsi Gorontalo.

“Pada orientasi dan Bimtek seperti ini banyak ilmu-ilmu untuk anggota DPRD yang kita dapati. Oleh karena itu ini pun sebenarnya harus dinikmati oleh Bapak Rifai Bukusu, namun dengan dorongan ini kami akan mencoba untuk melakukan pelantikan pada hari Sabtu tanggal 19 Oktober besok,” jelas Risman Taha dengan penuh optimis.#[KP]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker