oleh

KABUPATEN GORONTALO AKAN GELAR PILKADES, CALON TAK BOLEH LEBIH LIMA ORANG

-KABGOR-37 views

LAPORAN: R. Ramadani (Jarber SMSI)
Editor: Mahmud Marhaba

LIMBOTO [KP] – Sebanyak 76 desa akan menggelar pemilihan kepala desa di Kabupaten Gorontalo. Oleh karenanya para calon diharapkan memasukkan berkas dan persyaratan sebelum tannggal 26 Oktober 2019.

Dalam rapat pimpinan kecamatan (PIKA), Kamis (03/10/2019) yang berlangsung di ruang Madani, Bupati Nelson menegaskan setiap desa hanya bisa memiliki 5 orang calon.

“Aturan tidak memperbolehkan peserta pilkades lebih dari lima orang calon. Akan digunakan sistem tes untuk proses seleksi jika calon melebihi jumlah ketentuan”, jelasnya.

Ditambahkan, calon kades akan diseleksi administrasi, rekam jejak calon, serta rekomendasi inspektorat bagi calon petahana.

“Sesuai aturan pleno maksimal lima orang calon. Biasanya ada 7 calon bahkan sampai 10. Kita akan seleksi mana yang benar-benar menjadi bakal calon,” Tegas Nelson.

Nelson juga mengharapkan calon kepala desa dapat memenuhi tahapan seleksi sebelum pilkades pada tanggal 26 Oktober 2019 mendatang.

Dihubungi usai pelaksansan PIKA, Kamis, (03/10/2019) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Gorontalo, Drs. Nawir Tandako, ME, mengatakan, dalam pilkades serentak ada tiga tahapan yang meliputi tahapan persiapan, penjaringan calon, dan pemungutan suara.

“Tahapan pertama itu penyusunan DPS, DPT dan itu sudah selesai. Sudah ditetapkan tanggal 30 Agustus dan sekarang sudah masuk tahap pencalonan,” kata Nawir mengungkapkan 5 Oktober nanti akan ada penetapan calon kades. # [KP]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Komentar

News Feed