KABGOR

GILIRAN BENIH PADI DAN MESIN PENGGILING DISERAHKAN BUPATI DI ASPARAGA PADA ROAD SHOW KE DESA

Laporan : Moh. Afandi (Jarber SMSI), Editor : Mahmud Marhaba

KABGOR [KP]- Pemerintah Kabupaten Gorontalo memberikan bantuan sebesar 5,2 ton benih Padi kepada petani yang berada di Kecamatan Asparaga. Bantuan itu diserahkan langsung oleh Bupati Gorontalo Prof. Dr. Ir. H. Nelson Pomalingo, M.Pd, didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan, Rahmat Pomalingo, Jumat (06/09/2019).

Benih padi sebanyak 5,2 Ton itu diberikan kepada 9 kelompok tani di Asparaga sebagai musim tanam yang berkelanjutan. Nelson menyampaikan, bantuan benih diberikan karena Kecamatan Asparaga memiliki potensi cukup besar dalam pembangunan Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura.

“Saya melihat potensi Pertanian disini sangat besar. Untuk itu saya sangat berterima kasih kepada petani tetap semangat mengolah lahan sawahnya walaupun dimusim kemarau seperti ini,” tuturnya.

Bupati Kabupaten Gorontalo juga sangat mengapresiasi langkah cepat dari Dinas Pertanian untuk membantu para petani hingga mengantipasi gagal panen di Asparaga. Hal itu sebagai peningkatan program inovasi pengembangan disektor pertanian.

Selain benih Padi, kelompok Tani juga menerima bantuan alat mesin Pertanian berupa mesin penggiling Padi.

Sementara Sekertaris Dinas Pertanian Dan Perkebunan Kabupaten Gorontalo, Fony Tangahu, mengungkapkan Kecamatan Asparaga cukup banyak menghasilkan produksi Padi, sehingga dapat membantu ketersediaan beras di daerah setempat.

“Potensi sawah lahan basah di Asparaga itu mencapai 830 Hektare dan cukup banyak memproduksi padi,” ucapnya.

Selain Padi, potensi tanaman holtikultura di Asparaga adalah jagung. Lahan jagung di Kecamatan Asparaga seluas 3.874 Hektare. Jika diasumsi untuk luas 1 hektare bisa memproduksi jagung sebanyak 5000 kg.

“Padi dan jagung di Asparaga kita akan dorong terus melalui bantuan kepada petani, sehingga dapat memajukan Daerah Gorontalo,” harapnya.#[KP/HMS]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker