GORONTALO UTARA

DESA BULUWATU TETAPKAN RANPERDES MELALUI RAPAT PARIPURNA BPD

Laporan : Hafid Bora (Jarber SMSI), Editor : Mahmud Marhaba

GORUT [KP] – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) desa Buluwatu, Kecamatan Sumalata Timur, Gorontalo Utara, melaksanakan Rapat Peripurna dalam rangka Pembahasan Rancangan Peraturan Desa (Ranperdes) tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) periode 2019-2024, Jum’at (16/08/2019).

Agenda yang di hadiri oleh Pemerintah Desa dan seluruh anggota BPD  serta unsur masyarakat dilaksanakan pada Aula terbuka (ex-pasar Buluwatu) desa Buluwatu Kecamatan Sumalata Timur, Gorontalo Utara.

Ketua BPD desa Buluwatu, Irham Rahman bertindak selaku Pimpinan Sidang memberi ketukan Palu sebanyak tiga kali sebagai simbol dibukanya Peripurna tersebut yang diawali dengan pembacaan nota pengantar oleh Kepala Desa Buluwatu Irfan Rahman.

Dalam kesempatan ini pihak Pemerintah Desa Buluwatu yang diwakili oleh kepala desa Irfan Rahman menyampaikan garis-garis besar yang menjadi inti dalam Rancangan Peraturan Desa tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) periode 2019-2024. Yang mana menurut Irfan Rahman bahwa Ranperdes tentang RPJMDes ini nantinya akan menjadi pedoman bagi pemerintah Desa dalam rangka pelaksanaan seluruh kebijakan pembangunan dan pemerintah Desa selama Enam tahun kedepan.

Ranperdes merupakan peraturan yang memuat segala kebijakan pembangunan Desa yang dirumuskan secara konprehensif dalam rangka memenuhi segala kebutuhan dan dinamika pembangunan kedepan.

“Ranperdes ini pada prinsipnya merupakan peraturan yang memuat segala kebijakan pembangunan dan dirumuskan dalam rangka memenuhi segala kebutuhan serta dinamika pembangunan kedepan,” jelas Kepala Desa diawal penyampaiannya.

Irfan Rahman yang merupakan pemenang dalam pesta demokrasi Pilkades serentak yang lalu ini, juga menyebutkan bahwa Ranperdes tentang RPJMDes ini adalah rumusan visi beliau sebagai Kepala Desa yang memuat 12 Agenda prioritas Desa Buluwatu dan tentunya telah dikolaborasikan dengan kebijakan program pembangunan Kabupaten, Provinsi, dan juga Nasional.

Disamping daripada itu, Pimpinan Sidang Peripurna juga memberi kesempatan pada Tim Penyusun RPJMDes Desa Buluwatu untuk memberi penjelasan tambahan secara singkat soal Ranperdes tentang RPJMDes yang dalam hal ini diwakili oleh Koordinator Tim Penyusun yakni Sekretaris Desa (Sekdes) Desa Buluwatu, Wahyu Toana.

Dalam Penyampaiannya Sekdes Wahyu Toana mengungkap bahwa Ranperdes tentang RPJMDes keseluruhan memuat segala arah kebijakan pembangunan selama Enam tahun kedepan, yang mana disetiap tahunnya sudah ada pedoman pelaksanaannya.

Di jelaskan singkat oleh Wahyu Toana dimana kebijakan tersebut terdiri atas tahun Pertama akan fokus pada peningkatan kapasitas kelembagaan Pemerintah Desa dan Pembangunan Sumber Daya Manusia, tahun Kedua Pemerintah Desa fokus pada Pelayanan Sosial Dasar Masyarakat, tahun Ketiga lebih pada Peningkatan dan Penyediaan Infrastuktur Pedesaan, tahun Keempat diarahkan pada Kawasan Pariwisata, tahun Kelima Pemerintah akan fokus pada potensi dasar Desa, penyediaan Infrastuktur serta tahun ini juga merupakan tahun evaluasi program selama Empat tahun terakhir, tahun Keenam akan lebih pada Kemandirian Ekonomi melalui lintas sektoral, penanaman modal melalui BUMDES maupun BUMDES bersama serta pemberian modal bagi pelaku UMKM.

Setelah penyampaian nota pengantar dan penjelasan tambahan oleh Pemerintah Desa dan Tim Penyusun RPJMDes, Selanjutnya pimpinan Sidang paripurna memberi kesempatan pada anggota BPD untuk menyampaikan pandangan umum, yang diwakili oleh dua bidang utama dengan juru bicara masing-masing.

Diawali oleh Bidang Satu yakni membidangi pelaksanaan Pemerintah desa dan pembinaan masyarakat desa dengan juru bicara Lukman Rahman yang juga merupakan anggota BPD.

“Kami BPD desa Buluwatu sangat mengapresiasi dengan keberhasilan pemerintah desa atas penyusunan dokumen Ranperdes tentang RPJMDes ini,” ungkap Lukman Rahman dalam pandangan umumnya.

Hal senada juga telah disampaikan oleh Bidang Dua yang membidangi pelaksanaan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa ini di depan pimpinan Sidang Paripurna melalui juru bicaranya Fitri Hubu mengungkap bahwa, apresiasi positif dari BPD akan keberhasilan menyusun dokumen perencanaan pembangunan desa melalui dokumen RPJMDES periode 2019-2024.

“Kami Bidang Dua mengapresiasi positif atas kerja keras dan Keberhasilan Pemerintah desa dalam penyusunan dokumen ini,” ungkap Fitri Hubu.

Diakhir agenda, setelah mendengar pandangan umum anggota BPD Desa Buluwatu, serta selesainya rapat internal BPD, akhirnya Ketua BPD, desa Buluwatu Irham Rahman menetapkan Ranperdes tentang RPJMDes periode 2019-2024 untuk berlaku menjadi Perdes tentang RPJMDes desa Buluwatu periode 2019-2024.

Agenda paripurna ditutup dan diakhiri oleh penandatanganan nota kesepahaman bersama atau MoU antara BPD dan pemerintah desa.

Dalam kesempatan wawancara dengan awak media, Ketua BPD desa Buluwatu menyampaikan bahwa, tidak terdapatnya koreksi dalam pandangan umum menandakan bahwa tahap penyusunan dokumen tersebut sudah sesuai dengan sistem dan peraturan perundang-undangan yang ada, jadi harus ditetapkan.

“Semuanya sudah sesuai aturan, serta hasil koordinasi semua pihak, maka BPD niscaya harus menetapkan dokumen tersebut,” pungkasnya.#[KP]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker