BOALEMO

KKS MAHASISWA UNG BAWA INOVASI BARU TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH DI DESA HUNGAYONAA

Laporan : Ayimun Sunga (Jaringan Berita SMS), Editor : Mahmud Marhaba

TILAMUTA [KP] – Mahasiswa KKS UNG bekerja sama dengan Pemerintah Desa Hungayonaa melaksanakan sosialisasi pembentukan dan pengelolaan bank sampah di Desa Hungayonaa, Senin (22/07/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan atas kerja sama Mahasiswa KKS UNG dengan pemerintah Desa Hungayonaan tersebut dilaksanakan di Aula Hotel Grand Amalia, dihadiri dan dibuka langsung Pemerintah Kecamatan Tilamuta.

Kepala Desa Hungayonaa, Wisnu Sau menyampaikan sosialisasi pembentukan dan pengolaan bank sampah ini dilaksanakan demi pembelajaran kepada masyarakat terkait bagaimana cara mengelolah Sampah.

“Pada prinsipnya ternyata sampah itu memiliki nilai ekonomi, dan juga bisa dibuatkan pupuk kompos, sekaligus juga menjadi sebuah kreativitas ataupun kerajinan tangan yang masih bisa dimanfaatkan oleh masyarakat itu sendiri,” ungkap Kades Hungayonaa, Wisnu Sau.

Kades Hungayonaa juga menambahkan setelah KKS UNG kembali ke kampus, kami rencanakan akan membentuk bank sampah yang ada di Desa Hungayonaa karena Desa ini memiliki Tempat Penampungan Sementara (TPS) yang nantinya akan menjadi pusat pengelolaan sampah yang ada di Desa.

“Kedepannya ini juga sudah masuk pada Inovasi Desa, kita akan mengintervensi melalui Dana Desa sehingganya sampah – sampah yang berserakan di masyarakat yang ada di Desa Hungayonaa tidak lagi menjadi tanggungjawabannya Dinas Lingkungan Hidup namun menjadi tanggungjawab kita bersama,” janji Kades ini.

Kepala Desa Hungayonaa Wisnu Sau berharap dengan kegiatan ini bisa membuka pola pikir masyarakat sehingga sadar akan sampah yang ada dirumahnya masing-masing dan masyarakat juga mampu memanfaatkan sampah menjadi Nilai Ekonomi bagi kehidupan sehari-hari.

“Itulah yang menjadi target kami selaku Pemerintah Desa Hungayonaa,” tutup Wisnu.#[KP]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker