POHUWATO

BERGERAK CEPAT, PEMDA POHUWATO TANGANI KORBAN BENCANA BANJIR

Laporan : Jundi Dai (Jarber SMSI)

Editor : Mahmud Marhaba

MARISA [GOL] – Akibat hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Pohuwato menyebabkan banjir yang menggenangi rumah penduduk disejumlah tempat. Hal ini diseriusi oleh pemerintah daerah, buktinya Pemda langsung tanggap cepat menangani luapan air yang masuk di pemukiman warga.

Bantuan alat berat berupa eskapator untuk pembersihan saluran serta menyediakan mesin penyedot air.

Wakil Bupati, Amin Haras pada Jum’at (19/07/2019) langsung menghubungi pihak BPBD untuk melakukan penyedotan air yang telah menggenangi kurang lebih dua puluh rumah warga yang ada di Dusun Mekar Jaya Desa Teratai Kecamatan Marisa.

Dengan gerak cepat, OPD yang dipimpin Ramon Abdjul itu langsung mengerahkan pasukannya beserta mesin penyedot. Air yang disedot tersebut langsung dibuang ke saluran yang mengarah ke laut.

Wakil Bupati turun langsung meninjau korban banjir

Selanjutnya Wabup Amin Haras juga meninjau tenda pengungsian yang telah tersedia di Dusun Mekar Jaya. “Tenda ini untuk mengantisipasi apabila terjadi lagi banjir seperti ini maka masyarakat di minta bisa memanfaatkan tenda yang telah disediakan,” terang Wabup.

Wabup Amin berharap kepada masyarakat untuk sama-sama menjaga kebersihan dari saluran serta mengingatkan kepada masyarakat apabila terjadi lagi hujan yang lebat maka keselamatan diutamakan. “Artinya sama-sama mencari tempat perlindungan terutama memanfaatkan tenda yang ada,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Ramon Abdjul ketika dihubungi menyatakan hingga saat ini penyedotan air di Dusun Mekar Jaya masih berlangsung yang diperkirakan selesai sampai Magrib atau lebih, karena saat ini masih jalan penyedotannya.

Selain di Desa Teratai, BPBD juga melakukan penyedotan di Desa Pohuwato Timur dan Desa Pohuwato tepatnya di dekat pantai. Air yang menggenangi dua desa itu akibat air hujan yang terjadi pada Kamis dini hari. Terlebih di desa itu tidak ada saluran atau drainase sehingga air tidak keluar, maka dilakukan penyedotan.

Masih menurut Ramon Abdjul, selain penyedotan, BPBD juga melakukan evakuasi pengungsian, pendirian tenda-tenda pengungsi yang ada di Desa Teratai. Juga memberikan makanan atau logistik korban bencana yang dari Kamis kemarin hingga Jum’at kepada sekitar 3 ratusan orang.

“Saat ini sudah mulai menurun air yang disedot dan Insya Allah Sabtu besok airnya sudah kering sehingga warga setempat sudah bisa kembali ke rumahnya masing-masing,” pungkas Ramon Abdjul. #[KP/MM]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker