BERITA

PEMERINTAH DESA DEME II TERIMA MAHASISWA UNG JALANKAN PROGRAM KKS

Laporan : Jaringan Berita SMSI

Editor : Mahmud Marhaba

 

SUMALATA TIMUR [KP] – Pemerintah Desa Deme II kecamatan Sumalata Timur, Gorontalo Utara atas nama masyarakat menerima Mahasiswa dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG) dengan jumlah 26 orang dan terdiri dari beragam Fakultas serta beragam Jurusan tersebut, melaksanakan bagian dari program Kuliah Kerja SIBERMAS (KKS) UNG tahun 2019, Selasa (09/07/2019).

Tajuddin Abdillah merupakan dosen pembimbing lapangan mengungkap bahwa Program yang dilaksanakan selama 45 hari ini terdiri dari dua program utama yakni, Pengelolaan Keuangan Berbasis Aplikasi dan pembentukan Forum Keterbukaan Informasi Keuangan Desa.

“Mereka akan membawa dua program utama yaitu Pengelolaan Keuangan berbasis Aplikasi dan Pembentukan Forum Keterbukaan Informasi Keuangan Desa,” kata Tajuddin

Lebih lanjut Tajuddin Abdillah menjelaskan bahwa untuk Program pertama yakni pengelolaan keuangan berbasis Aplikasi akan dilakukan pendampingan dan pembelajaran khususnya bagi penyelenggara keuangan Desa melalui sistem Aplikasi dimulai dari proses Perencanaan sanpai dengan Pertanggung jawaban. Dan untuk pembentukan forum keterbukaan informasi keuangan Desa, apabila mendapatkan persetujuan kepala desa, maka forum ini akan terdiri dari berbagai elemen masyarakat dimulai dari BPD, LPM dan unsur lainnya yang bekerja khusus untuk keterbukaan informasi keuangan Desa agar sistem pengelolaan keuangan desa menjadi Transparan atau terbuka secara umum.

“Sehingga Keuangan Desa itu terbuka secara umum kepada masyarakat” Tambah Tajuddin.

Selebihnya Tajuddin Abdillah juga menjelaskan bahwa pelaksanaan program ini merupakan tindak lanjut dari penelitian akademik yang pada kesimpulannya bahwa pengelolaan keuangan desa wajib berbasis aplikasi guna untuk memaksimalkan pengelolaan keuangan yang sifatnya Tranparan dan Akuntabel.

“Agar tercipta sistem pengelolaan keuangan Desa yang sifatnya Transparan dan Akuntabel,” Pungkasnya.

Sementara itu kepala Desa Deme II kecamatan Sumalata Timur, Gorontalo Utara, Hendrik Dangkua mengatakan bahwa pemerintah dan masyarakat desa Deme II sangat bersyukur dan memberi apresiasi positif atas program ini karena bisa membantu pemerintah dan masyarakat dalam sistem pengelolaan keuangan Desa baik dari segi pelaksanaan dan pengawasan.

“Kami sebagai pemerintah dan masyarakat sangat mengapresiasi positif atas pelaksanaan program ini” kata Hendrik#[KP/Hafid Bora/MM]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker