OPINI

ISHAK NTOMA SOSOK BIROKRAT BERSAHAJA

Oleh : Nurhadi Taha (Pengiat literasi)

 

SIANG itu 4 Juli 2019 langit  di bagian Timur Gorontalo  membiru petanda cuaca di siang itu cerah. kecerahan langit membuat siapa saja  yang bertandang ingin betah berlama – lama di tempat itu,  walau tak ada sunguhan fasilitas yang megah namun dengan layanan yang baik membuat orang yang berkunjung ingin sekali menimba pengalaman dan pengetahuan yang lebih soal tata kelola layanan pemerintahan yang baik. Itulah kesan saya siang tadi bersilaturahim bersama Sekda Kabupaten  Bone Bolango, Ishak Ntoma.

 

Ishak Ntoma sosok birokrat yang tulus bekerja, dia mampu menerjemahkan gagasan dari sosok Bupati Hamim Pou yang mempunyai gagasan Bone Bolango Cemerlang. Sebuah Asa, ekspetasi dari tokoh yang mempunyai cita – cita luhur membangun peradaban Gorontalo.

 

Kultur masyarakat Bone Bolango sebagai wilayah yang masyarakat dalam historisnya  lahir tokoh tokoh pejuang dan Reformis,  tentu para pemimpin yang sedang bertenger harus mempunyai kerja  yang ekstra, harus siap di kritik dan butuh spirit serta mental  besar untuk membangun daerah ini. Kalau tidak maka pasti pemimpin akan babak belur dan hujatan kritik, tetapi faktanya Bone Bolango sudah jauh berbeda dari 10 tahun yang lalu, sudah banyak perubahan yang drastis dan bisa di bilang monumental.

 

Kemajuan ini tentu selain tangan dingin sosok Bupatinya Hamim Pou, ada sosok birokrat yang bisa bekerja dan menerjemahkan gagasan seorang pemimpin, dia adalah Ishak Ntoma birokrat yang tulus bekerja, disiplin lurus serta humanis. Tak heran saat ini Bone Bolango pemerintahannya harmonis, dia mampu dan mengerti karakter dari Bupati Hamim pou dan Waki Bupatinya Kilat Wartabone.

 

Di sela silaturahim saya bersama beliau, tiba – tiba saya diajak untuk bersama- sama menijau beberapa masalah soal salah seorang warga yang membangun kost-kostan yang belum mengurus izin bangunan, dan saya pun kagum dengan cara kerja dan sikap beliau yang melakukan pendekatan humanis. Bangunan yang tadinya mau dieksekusi oleh Satpol PP Bone Bolango itu, di tunda sehingga hal ini membuat pemilik bangunan tersebut terharu, tetapi tindakan humanis itu tidak menghilangkan ketegasan dari sosok Sekda ini. Ia meminta kepada pemilik kost kostan untuk mengurus izin mendirikan bangunan dan segala ketentuan yang ada, sambil mengigatkan kepada beberapa pimpinan SKPD untuk melakukan pengawasan sedini mungkin kepada masyarakat terkait sosialisasi aturan pemerintah. Kita nanti jadi bersalah kalau kita tidak melakukan edukasi pada masyarakat kilahnya.

 

Diskusi ini berlanjut hingga beberapa kasus lainnya yang membuat saya tambah kagum soal pembangunan PLTD yang di bangun di daerah Suwawa yang banyak menuai protes masyarakat yang diselesaikannya dengan cara yang humanis .

 

Dalam bayangan saya, bila semua birokrat bekerja dengan cara kerja pak Ishak Ntoma maka segala masalah daerah akan terselesaikan dengan waktu yang singkat. Ishak Ntoma ia sosok birokrat yang bersahaja (Bersih, santun, humanis, dan merakyat)

 

Semoga jejak beliau bisa diikuti oleh seluruh aparat di Bone Bolango khususnya provinsi Gorontalo bahwa aparatur tugasnya melayani dan bekerja dengan baik. Setiap masalah harus dikerjakan dengan baik, tak perlu ditunda-tunda, selagi pada jam kerja maka selesaikan berbagai masalah dengan secepatnya. Sungguh kita jarang menemukan birokrat demikian di era saat ini.

 

Tak hanya itu, ia pun walau sebagai tim anggaran pemerintah daerah, (TAPD) beberapa fasilitas yang wajib harus dianggarakan untuk Sekda terkadang dihilangkannya untuk penghematan anggaran misalanya soal makan dan minum Sekda dihilangkannya, ia membiayanya  dengan  dana pribadinya, dan kadang beberapa tugas perjalanan dinas yang baginya tidak wajib baginya, cukup bupati atau dinas dinas terkait yang di minta untuk melakukan perjalanan dinas. Karena baginya menjaga dan menyelesaikan permasalahan daerah lebih penting karena publik butuh kepastian dalam layanan apalagi kalau Bupati dan Wakil Bupati di luar daerah maka Sekda lah yang menjadi ujung tombak dalam mengeksekusi berbagai  layanan dan kebijakan .

 

Dia sosok teladan, dia juga bukan sekedar pamong biasa tapi Sekda yang bersahaja dan dirindukan oleh semua aparat. Selalu memberi contoh dan juga gagasannya selalu cemerlang.

 

Wasaalam

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Vidiyaamaliah.co.id
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button