KABGOR

PEMKAB GORONTALO BANTAH TUDINGAN DAVID

Laporan : Jaringan Berita SMSI

Editor : Mahmud Marhaba

 

LIMBOTO [KP] – Kritikan yang disampaikan Mantan Bupati Gorontalo David Bobihu kepada Pemerintah Kabupaten Gorontalo ditanggapi Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Gorontalo, Abd Bar Jahya. Menurutnya program yang telah dicanangkan dan dilaksanakan di Kabupaten Gorontalo semua telah berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Bahkan hasilnya telah terlihat jelas.

 

Konferensi danau Nusantara contohnya. Menurut Kadis Perikanan kegiatan yang dilaksanakan untuk memperbaiki danau itu telah memberikan dampak yang begitu besar terhadap perbaikan danau Limboto. Meski belum secara nyata terlihat. Namun gerakan menuju perbaikan danau semakin masif pasca pertemuan tersebut.

 

“Alhamdulillah setelah itu (konferensi) tindak lanjutnya danau kita menjadi perhatian di tingkat pusat, maupun daerah-daerah lain. Karena jika sebelumnya masalah danau ini kita jalan sendiri-sendiri sekarang sudah ada gerakan bersama untuk penyelamatan danau, khususnya danau Limboto,” jelas Dia.

 

Salah satu dampak besar dari konferensi di tahun 2017 itu, adalah masuknya Danau Limboto ke dalam program strategi nasional. Bahkan masalah penyelamatan danau dibahas khusus oleh Badan Perencana Pembangunan Nasional. Dimana Kabupaten Gorontalo diundang khusus untuk menyampaikan problem-problem yang dihadapi danau saat ini.

 

“Kita hadir di sana, dan di sana dibicarakan dan dicarikan solusi atas danau ini. Karena memang tujuan kita bagaimana danau ini bisa menjadi bagus,” jelasnya.

 

Yang lebih besar lagi, dampak dari pertemuan para pemangku kepentingan di Limboto itu. Menghasilkan satu langkah yang besar, yakni rencana membangun badan khusus yang mengurusi masalah danau. Sebab selama ini masalah Danau Limboto masih tersebar di beberapa instansi.

 

“Ini akan dibicarakan oleh Bappenas, bagaimana yang mengelola (danau itu) ada badan tersendiri,” terang Kadis lagi.

 

Bahkan saat ini semangat penyelamatan danau semakin besar, dengan turut andilnya Kementrian Agraria untuk memastikan luas danau Limboro.

 

“Danau Limboto ini akan di petakan, bahkan di sertifikatkan luas danau yang sebenarnya. Ini kan tindak lanjut dari konferensi danau yang dilakukan kabupaten Gorontalo pada tahun 2017 itu. Jadi tidak benar kalau tidak ada hasilnya. Karena dari konferensi itu baik pemerintah pusat maupun daerah-daerah lain yang memiliki danau termotivasi bagaimana melestarikan sekaligus memperbaiki danau-danau yang sudah rusak,” urainya.

 

“Jadi tidak benar jika konferensi ini tidak ada hasilnya, buktinya dari tahun 2017 sudah terlihat,” tutup Abd Bar Jahja.#[KP/HMS]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker