BOALEMO

DKP PROVINSI AKUI OBJEK WISATA PANTAI RATU BELUM MILIKI IJIN. PEMDA BOALEMO BERTINDAK CEPAT, INI HASILNYA.

Laporan : Jaringan Berita SMSI

Editor : Mahmud Marhaba

 

TILAMUTA [KP] – Menyikapi laporan Japesda Gorontalo serta menindaklanjuti kehadiran Tim Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Gorontalo yang melakukan peninjauan lokasi pemanfaatan pembangunan obyek wisata Pantai Ratu di Desa Tenilo Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo, Selasa, 18 Juni 2019 kemarin, akhirnya pemerintah kabupaten Boalemo melakukan rapat dengan instansi terkait yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati, Anas Jusuf, Rabu (19/06/2019).

 

Sebagaimana yang disampaikan Karim Mujarab selaku Ketua Tim dari DKP dalam keterangannya kepada media ini yang tergabung di Jaringan Berita SMSI bahwa pihaknya telah menerima surat dari pemerintah kabupaten Boalemo sejak Ramadhan kemarin.

 

“Memang surat sudah masuk dari Ramadhan lalu, tetapi baru sekarang kami punya kesempatan  untuk melakukan peninjauan lokasi yang diusulkan pemohon untuk pembangunan obyek wisata pantai Ratu,” ungkap Karim Mujarab, selaku Ketua Tim DKP.

 

Dijelaskan Karim, sebelum membangun harusnya pihak pemohon melakukan koordinasi dengan pihak DKP dan Instansi terkait. Hal ini menurut Karim, kurang diketahui oleh pihak pemohon pemanfaatan wilayah pesisir untuk pembangunan obyek wisata Pantai Ratu.

 

“Tentu sebelum membangun harus berkoordinasi, ini mungkin kurang diketahui oleh pemerintah Desa sebagai pengelola, dalam memanfaatkan wilayah pesisir maupun perairan 0-12 mil,” urainya.

 

Ditegaskan karim, hingga saaat ini belum dikeluarkan izin pemanfaatan wilayah pesisir untuk pembangunan obyek wisata tersebut. Dirinya menyampaikan, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) akan mengeluarkan izin pemanfaatan wilayah pesisir berdasarkan rekomendasi dari DKP.

 

“Jadi belum ada ijin pemanfaatan pesisir pantai dikarenakan pihak pemohon belum menyurati PTSP sebagai pemberi Izin. Mereka langsung bermohon kepada kami, sementara kami pemerintah hanya sebagai fasilitator,” terang Karim kepada sejumlah media.

 

Pihaknya berjanji akan mengkaji wilayah pesisir yang akan dimanfaatkan, untuk pengembangan obyek wisata Pantai Ratu Boalemo.

 

Rapat yang dipimpin oleh Wakil Bupati, Anas Jusuf, menghadirkan instansi terkait dilingkup Pemerintah Daerah, Camat Tilamuta dan Kades Tenilo untuk mendengarkan langsung terkait pemafaatan kawasan obyek wisata Pantai Ratu hingga upaya instansi pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Boalemo.

 

Menurut Wabup Anas, Pihaknya dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup telah mengusulkan dan membantu Pemerintah Desa Tenilo dalam pengurusan ijin lingkungan.

 

“Kami melalui Kepala Dinas Lingkungan Hidup saat ini telah mengurus, membantu dan telah membantu Pemerintah Desa Tenilo dalam pengurusan proses ijin lingkungannya,” jelas Juru Bicara Khusus Bupati Boalemo, Jeffry Rumampuk, usai rapat tersebut.

 

Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Boalemo, Roslina Karim menyampaikan bahwa dalam pengelolaan kawasan tersebut maka pihaknya telah melakukan konsultasi ke Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Provinsi Gorontalo. Menurut Roslina pihaknya juga telah bermohon dikeluarkan pertimbangan teknis. Sebab, Salah satu alasan bahwa tanpa pertimbangan teknis ini maka dokumen lingkungan tidak akan jadi.

 

” Untuk hal ini kami telah berkonsultasi ke DKP Provinsi Gorontalo terkait pengelolaan kawasan tersebut, bahkan kami juga telah bermohon untuk bisa segera mungkin dikeluarkan pertimbangan teknisnya,” jelas Roslina.

 

Tidak hanya itu, Kadis Roslina juga telah melakukan koordinasi ke BPKH terkait dengan titik koordinat yang selanjutnya diarahkan ke KPHP Boalemo.

 

” Apakah ini bisa dikerjasamakan atau pinjam pakaikan, semua ini telah kita laksanakan dan telah dikirim ke Provinsi bahkan datanya telah di proses,” tambah Roslina.

 

Hadir dalam pertemuan tersebut Asisten Pemerintahan Burhan Hinta dan Asisten II Mus Moha serta Staf Ahli bidang Hukum Yakop Yusuf Musa.#[KP/Aymun]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker