BOALEMO

BUMDES TERIMA SURAT, PEMBANGUNAN KAWASAN WISATA PANTAI RATU DIHENTIKAN SEMENTARA

Laporan : Jaringan Berita SMSI

Editor : Mahmud Marhaba

 

TILAMUTA [KP] – Polemik pembangunan pantai Ratu Tilamuta yang dipersoalkan pihak Japesda akhirnya dijawab oleh pemerintah kabupaten Boalemo. Hal ini dijelaskan Bupati Boalemo, Darwis Moridu kepada wartawan usai dirinya menghadiri Rapat Paripurna DPRD di kantor Dewan Boalemo, Rabu (19/06/2019).

 

Terkait dengan tudingan Japesda bahwa terjadi pembabatan Mangrove diareal pembanguan pantai Ratu Tilamuta, Bupati menegaskan tidak ada pembatatan, meski diakui bahwa kawasan tersebut merupakan kawasan Mangrove.

 

“Sepohon pun pembabatan Mangrove di lokasi itu tidak ada, untuk jalan yang telah di buka oleh Pemerintah Daerah tidak menggunakan dana APBD ataupun APBN, jalan tersebut dibuat atas inisiatif pribadi oleh saya. Memang sudah ada dan awalnya adalah jalan tani yang dibuat oleh Pemerintah Desa pada tahun 2015, dengan menggunakan dana Desa,” ungkap Bupati Boalemo Darwis Moridu.

 

Terkait dengan informasi yang berkembang bahwa pantai Ratu merupakan kawasan hutan lindung, Bupati Boalemo mengakui jika kawasan tersebut merupakan kawasan Mangrove dan pemerintah punya solusi untuk kawasan Mangrove tersebut , sementara untuk menebangan Mangrove itu tidak ada.

 

Bupati Boalemo, Darwis Moridu juga menyampaikan untuk saat ini pembangunan yang ada di pantai Ratu dihentikan, pembangunan nanti akan dilanjutkan setelah ijin keluar. “Masih akan ada lagi pembangunan yang dianggarkan oleh dana Desa dan pembangunan menggunakan dana APBN yang nanti akan dilaksanakan oleh Kementrian Sosial,” ungkap Darwis Moridu.

 

Bupati Darwis Moridu mengakui jika pihak Bumdes telah menerima surat terkait pemberhentian kegiatan pembangunan yang ada di pantai Ratu.

 

“Selaku pengelola yaitu BumDes juga telah menerima surat tentang pemberhentian kegiatan pembangunan yang ada disana, akan tetapi untuk wisatawan yang ingin berkunjung masih tetap akan dibuka,” tegas Bupati yang kini bersama dengan Partai PDI Perjuangan itu.

 

Dirinya pun menyampaikan jika pekan depan Pemerintah Daerah akan melaksanakan pertemuan dengan Pemerintah Provinsi terkait solusi bagaiamana pantai Ratu tersebut akan terus berkembang dan menjadi destinasi wisata yang ada di Kabupaten Boalemo.#[KP/Ayimun]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker