BERITA

RANGKAIAN FESTIVAL TUMBILOTOHE BERAKHIR, INI HARAPAN BUPATI NELSON

Laporan : Jaringan Berita SMSI

Editor : Mahmud Marhaba

 

LIMBOTO [KP] – Lomba Festival Tumbilotohe yang dirangkaikan dengan Lomba Bunggo tingat Kabupaten Gorontalo di desa konservasi budaya Talumelito Telaga Biru, Minggu (02/06/19) telah berakhir. Kegiatan yang di ikuti oleh seluruh perwakilan kecamatan dan OPD ini terselenggara kerjasama pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui dinas Pariwisata dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo.

 

Menurut Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, baik Festival Tumbilotohe maupun Lomba Bunggo yang dilaksanakan tahun ini sangat meriah karena banyak mengundang masyarakat datang untuk menonton berbagai kegiatan dilaksanakan.

 

Untuk itu, dirinya berharap kedepan, ada beberapa hal yang harus dibenahi. Diantaranya, kegiatan ini akan dievaluasi. Mungkin, kata Nelson cara penyajian lampu-lampu lagi beda dengan tempat lain.

 

“Kedepan, lampu- lampu tidak hanya di pinggir jalan atau depan rumah masyarakat, melainkan akan terpasang di bukit paling atas sehingga dia dari kejauhan sudah kelihatan,” harap Nelson dalam sambutannya saat menutup secara resmi kegiatan itu.

 

‘Khan, desa konservasi budaya, ada bukitnya maka kalau dapat lampu-lampu dipasang lebih diatas lagi agar kelihatan dari kejauhan. Intinya saat lampu terpasang kelihatan unik dan beda dari tempat lain,” sambungya.

 

Ia menambahkan, karena pelaksanaan dilokasi desa konservasi budaya maka penampilan lampu –lampu yang disajikan lebih pada budaya tradisonal dan pokonya unik. Dia ingin, desa konservasi budaya lebih menonjolkan kearifan lokal dan kental budayanya.

 

“Saya ingin ketika memasuki desa ini sudah terlihat ornamen-ornamen budayanya. Berupa tanaman budaya dan lain-lain termasuk kegiatan syiar agama Islam dan adat.  Itu yang akan kita terus dorong dalam pelaksanaan Festival Tumbilotohe kedepan, nuansa budaya dan uniknya,” tutur Nelson.

 

“Nuansa konservasi budaya harus lebih kental. Siang dan malam sudah harus terlihat ornamen-ornamen ciri khas budaya di desa ini. Sehingga orang datang lebih berkesan ciri khas budaya di desa ini,” pintanya lagi.

 

Diakhir penyampainnya Bupati Nelson mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitian dan masyarakat yang telah memberikan dukungan atas suksesnya kegiatan ini.

 

“Kepada PKK, perwakilan kecamatan, Pimpinan OPD dan seluruh masyarakat, selaku pribadi dan pemerintah kabupaten Gorontalo menyampaikan terima kasih atas suksesnya kegiatan ini,” tandas Nelson.

 

Pada kesempatan itu, Bupati Nelson didampingi ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo menyerahkan bonus, hadiah dan piala bergilir kepada para juara lomba Festival Tumbilotohe kepada perwakilan OPD, BUMD, BUMN, Intansi vertikal, kecamatan , komunitas serta pribadi atau perorangan.#[KP/HMS]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker