BERITA

BEGINI CARA NASIR GIASI OPTIMALKAN PENGUSAHA LOKAL POHUWATO

Laporan : Jaringan Berita SMSI

Editor : Mahmud Marhaba

 

MARISA [KP] –  Kran pemberadaan pengusaha untuk membangun daerah di era sekarang ini telah dibuka luas. Diupayakan agar bagaimana pemerintah memberdayakan pengusaha untuk berinvestasi di Daerah demi memajukan ekonomi daerah. Dilain pihak beberapa Wilayah tertentu mengalami krisis lahan, akibat banyaknya investor yang masuk ke daerah tersebut.

 

Nasir Giasi selaku Ketua DPRD Pohuwato, memiliki cara pandang berbeda saat ditemui media yang tergabung dengan SMSI Gorontalo mengatakan dirinya ada langkah baru untuk mendorong percepetan ekonomi daerah dengan mengoptimalkan pengusaha lokal di bumi Panua.

 

“Kita harus dorong pengusaha asli Pohuwato, dalam hal mendorong percepatan pembangunan di daerah,” ungkap mantan Presiden Bem IKIP (Universitas Negeri Gorontalo Sekarang) kepada Wartawan, usai menghadiri acara buka puasa bersama dengan pengusaha sukses Pohuwato Adnan Mbuinga atau yang dikenal dengan sapaan haji Pulu.

 

Kebijakan pembangunan daerah mempunyai korelasi kuat dengan pengembangan pengusaha yang ada di Pohuwato. Jika Demikian, Nasir Giasi memilki garis pikiran bahwa pengusaha lokal maupun dari luar daerah sama-sama memiliki pegaruh dalam menentukan arah dan perkembangan ekonomi wilayah Pohuwato.

 

“Sebenarnya pemerintah daerah dalam kebijakan pepajakan, pendidikan, dan kebijakan lingkungan, lebih berperan dalam pengambilan keputusan investasi dalam aras lokal. Di sini setiap pemerintah daerah harus mencoba membuat kebijakan yang dapat mendorong pengusaha lokal yang ikut berinvestasi didaeranya sendiri,” jelas Nasir Giasi penuh keyakinan.

 

Nasir juga menambahkan, pemerintah Daerah dapat mendorong tumbuhnya entrepreneur melalui kebijakan mikro dan budaya. Kebijakan mikro yaitu melalui pemberian bantuan kepada usaha perorangan.

 

“Misalnya, jika ada pengusaha yang kekurangan modal maka pemerintah bisa membantu dengan memberi kredit yang telah disubsidi. Diharapkan dengan subsidi tersebut pengusaha lokal akan mempunyai margin yang cukup besar untuk pengembangan usahanya lebih lanjut,” tegas Ketua DPRD Pohuwato

Bukan hanya itu, pemerintah dapat pula mendorong entrepreneurship melalui budaya usaha. Meskipun dirinya mengakui, kegiatan mengubah orientasi budaya usaha tidak bisa berlangsung dalam waktu singkat.

 

“Biasanya budaya usaha diperkenalkan sedini mungkin, agar pengusaha lokal tidak ragu menempatkan harapan besar dalam mengembangkan bisnisnya,” tambanya.

 

Akhir percakapan, Nasir mengemukakan bahwa di Pohuwato sudah banyak pengusaha lokal dan ini perlu diperhatikan oleh Pemerintah. Harapannya Pengusaha sukses asli Pohuwato, dapat bersinergi dengan pemerintah dalam mewujudkan Bumi Panua yang unggul dibandingkan Daerah lain.

 

“Saya berharap kita bergotong royong membangun Pohuwato, kita punya SDM yang mempuni dari pemuda, pengusaha dan juga ASN yang memiliki visi mewujudkan harapan Pohuwato yang lebih baik,” tuturnya Nasir Giasi.

 

Nasir Giasi, mencontohkan Adnan Mbuinga alias haji Pulu yang telah sukses dan memberikan dampak postif terhadap Daerah Pohuwato. Hal yang terkecil dilakukannya saat ini, itu luar biasa membantu kaum Dhuafa masyarakat Pohuwato dalam buka puasa bersama. Jika pengusaha diluar Pohuwato maka efeknya juga ke daerah tempat tinggalnya.

“Kita harus punya arah kebijakan baru, dan kita harus banyak belajar dari pengusaha seperti bapak Haji Pulu (Adnan Mbuinga) yang sukses membangun usahanya, dan peduli terhadap masyarakat Pohuwato” tutupnya.#[KP-Tim SMSI]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker