POHUWATO

GILIRAN 7 DESA DI RANDANGAN TERIMA BANTUAN BENIH JAGUNG DARI WABUP

Laporan : Jaringan Berita SMSI

Editor : Mahmud Marhaba

 

RANDANGAN [KP] – Pemerintah Daerah kabupaten Pohuwato kembali mengkucurkan bantuan benih jagung kepada petani yang ada di Desa Sidorukun, Palambane, Patuhu, Siduwonge, Huyula, Imbodu dan Desa Omayuwa Kecamatan Randangan, Kamis, (09/05/2019) di Aula Kantor Desa Sidorukun, yang diserahkan Wakil Bupati Amin Haras didampingi Plt. Kadis Pertanian Ikbar AT. Salam dan Camat Randangan Muzakir Amir.

 

Seperti pada pembinaan sebelumnya, Wabup Amin tak henti-hentinya mengingatkan agar bantuan ini benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh petani untuk ditanam pada lahan masing-masing. Karena diakui bahwa yang mendapat bantuan ini adalah mereka yang memiliki lahan, dengan demikian kepada Ketua Kelompok sekiranya dapat memberikan bantuan tersebut kepada anggota kelompok.

 

Diakui Wabup, Amin Haras, biaya pengeluaran bagi petani jagung sangat tinggi. Dimana ketika belum ada bantuan alias terlambatnya bantuan benih ini harus pinjam uang untuk kepeluan beli bibit, lakukan pembersihan lahan dan pengerukan tanah. Belum lagi biaya penaburan benih dan penyemprotan sampai memelihara jagung yang kurang lebih 4 bulan lamanya. Tiba waktu panen tentu tidak bisa dilakukan sendiri seperti halnya pada waktu menanam yang semuanya butuh bantuan orang. Akan tetapi bantuan disini bukan lagi gotong-royong melainkan semuanya harus melalui pengeluaran rupiah. Pasca panen sampai pada pengeringan dan lainnya butuh waktu yang lama. Sehingga bisa diprediksi bahwa pengeluaran bagi petani sangatlah tinggi.

 

Tingginya biaya bagi petani membuat perhatian yang besar bagi Pemerintah Daerah. Wabup Amin Haras sangat berharap agar Bumdes bisa bergerak membantu masyarakat tani, bahkan jika sudah maju maka bagaimana hasil panen petani dapat ditampung oleh Bumdes.

 

“Namun tentu para petani harus kooperatif dalam artian membayar apa yang menjadi kewajiban di Bumdes. Meskipun tidak ada bunga pinjaman akan tetapi kewajiban untuk membayar harus menjadi perhatian, sehingga Bumdes bisa hidup dan maju yang kedepannya akan bisa membantu lagi keperluan dari bapak ibu petani,” tegas Amin Haras.#[KP/HMS/Jundi]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker