POLITIK

BISAKAH AL-AMIN UDUALA JADI KETUA DEKAB POHUWATO?

Laporan : Jaringan Berita SMSI

Editor : Mahmud Marhaba

 

MARISA [KP] – Meski belum ada penetapan secara resmi dari KPUD Pohuwato,  namun melalui hasil perhitungan sementara, sudah bisa dapat dipastikan figur-figur yang akan melenggang ke gedung Panua hasil Pileg 2019 kemarin.

 

Satu diantaranya adalah Sekretaris DPD Golkar Pohuwato, Al-Amin Uduala. Al-Amin merupakan bintang baru dari daerah pemilihan Randangan – Taluditi yang mengantongi suara mayoritas. Bahkan terhitung ia adalah pemegang rekor suara tertinggi dari semua Caleg terpilih.

 

Sesuai hasil rekapan perhitungan sementara di KPUD bahwa Golkar masih merajai perolehan kursi di DPRD dengan raihan 10 kursi dari 25 kursi yang ada di Parlemen Panua. Dengan demikian, maka sudah bisa dipastikan, kursi Ketua DPRD Pohuwato masih akan dipegang oleh Partai Golkar.

 

Berdasarkan hasil perolehan suara sementara, Al-Amin Uduala menjadi pemecah record suara terbanyak dengan mengantongi 2444 suara.  Angka ini mengalahkan hasil perolehan suara para petahana gedung Panua,  termasuk petahana dari Partai Golkar itu sendiri.

 

Diketahui, suara masing-masing petahana kader Golkar seperti Hamdi Alamri 2214, Beni Nento 2186, Iwan Adam 2156, Jennie Ema Tulung 2036, Nasir Giasi 1958 dan Rizal Pasuma 1452.

 

Apakah dengan perolehan suara tertinggi yang dimiliki Al-Amin Uduala akan melenggangkan dirinya secara otomatis menjadi calon Ketua DPRD Pohuwato? Bagaimana dengan mekanisme Partai Golkar itu sendiri?

 

Jika mengacu pada pengalaman Pileg sebelumnya, Nasir Giasi duduk sebagai Ketua DPRD kabupaten Pohuwato karena jabatan struktur partai yang dimilikinya sebagai Sekretasris DPD II Golkar saat itu.

 

Jika hal ini yang menjadi acuan, maka diprediski, Sekretaris Partai Golkar Pohuwato Al-Amin Uduala bisa menggantikan jabatan yang saat ini dipegang oleh Nasir Giasi sebagai Ketua DPRD Pohuwato.

 

Dukungan terhadap Al-Amin Uduala menjadi Ketua DPRD Pohuwato mendatang disuarakan Ketua PK Golkar kecamatan Wonggarasi, Hamid Djamu. Dirinya mengatakan jika Al-Amin Uduala layak memimpin kantor legislatif Pohuwato.

 

“Alhamdulillah, hasil perolehan suara sudah ada. Dan nama-nama kader Golkar yang dipastikan duduk sudah bisa dilihat. Dari deretan nama-nama itu, kami menilai Al-Amin Uduala yang juga Sekretaris DPD Golkar lebih layak dijabatan Ketua DPRD,” ujar Hamid Djamu, Ketua PK Golkar Kecamatan Wonggarasi.

 

Lebih jauh menurut Hamid, Al-Amin tak sekedar mengantongi suara terbanyak, secara struktural ia merupakan Sekretaris DPD Golkar Pohuwato.

 

“Dengan demikian, posisinya lebih kuat dari pada kader lainnya. Tak hanya itu saja, Al-Amin juga layak meneruskan kepemimpinan Syarif Mbuinga sebagai Ketua DPD Golkar Pohuwato,” ujarnya singkat.#[KP/Jundi]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker