KABGOR

DARI LBM TINGKAT KABUPATEN, INI TANGGAPAN NELSON SOAL KOLABORASI ANTAR MENU

Laporan : Jaringan Berita SMSI

Editor : Mahmud Marhaba

 

LIMBOTO [KP] – Pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui Dinas Ketahanan Pangan menggelar Lomba Cipta Menu dalam rangka pentingnya mengonsumsi makanan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) berbasis pangan lokal tahun 2019, di Gedung Kasmat Lahay Limboto, Selasa (23/04/2019).

 

Kegiatan yang dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo, Dr. Fory Armin Naway, Kepala dinas Ketahanan Pangan, Nani Mokodongan beserta jajarannya. Peserta lomba cipta menu itu terdiri dari ketua-ketua TP-PKK Kecamatan dari Lima wilayah, diantaranya wilayah Boliyohuto, Batudaa, Telaga, Tibawa serta wilayah Limboto.

 

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo saat diwawancarai usai kegiatan itu, mengatakan ada beberapa hal yang harus tercipta dari terlaksananya kegiatan Lomba Cipta Menu ini, mulai dari ivovasi, kolobarasi baik antar menu dan juga dinas terkait, dan memasyarakatkannya.

 

“ Tiga hal yang saya sampaikan, yang pertama inovasi ini harus terus dilakukan. Alhamdulillah tahun ini lebih meriah dan ada beberapa hal yang menarik baik itu menunya makanan, jenis bahannya, termasuk juga minumannya, dan kolobarasi minuman yang ada seperti pinahong dan kelapa saya rasa ini sebuah bentuk kreativitas,”Terang Nelson.

 

Ia berharap  feed back yang dihasilkan dari kegiatan ini dapat tersebar secara luas kemasyarakat, meingingat inovasi yang dibuat merupakan inovasi lokal.

 

“Representasi dari kegiatan ini, saya harapkan bisa ditularkan. Kalau hanya sekedar lomba kemudian tidak dibudayakan percuma saja kita membuat kegiatan ini. Karena inovasi ini harus dirasakan masyarakat, karena inovasi ini adalah lokal,” harapnya.

 

Maka dari itu, dirinya juga mengintrusikan untuk dibuatkan buku mengenai hasil cipta menu ini, dan disosialisaikan sehingga apabila kita punya kegiatan kita sudah tahu apa-apa yang akan kita sajikan. Dan juga kolaborasi dengan dinas terkait sangat penting, karena mereka terkait dengan sumbernya seperti tanaman dll.

 

Dibagian lain, Kadis Ketahanan Pangan, Nani Mokodongan menambahkan, lomba cipta menu ini sudah melalui beberapa kali tahapan dan seleksi. Tahapannya adalah lomba di tingkat desa, kecamatan dan hari ini hingga lomba Tingkat Kabupaten yang lolos dari seleksi tingkat desa dan kecamatan tersebut.

 

“Ini merupakan program setiap tahun yang dilaksanakan dari tingkat desa, kecamatan dan tingkat Kabupaten,” jelas Nelson sambil meyakinkan peserta jika lolos seleksi Kabupaten, para juara akan mewakili lomba di tingkat Provinsi.#[KP/HMS]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker